Resep Ramuan Kencur untuk Atasi Batuk Hingga Cegah Jerawat

Ilustrasi kencur
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kencur menjadi salah satu bahan pengobatan tradisional yang telah dikenal masyarakat Indonesia sejak lama. Salah satu manfaat kesehatan dengan mengonsumsi kencur ini adalah dapat mengatasi keluhan batuk. Sebabnya, kencur punya efek antitusif.

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

Dalam program Hidup Sehat di tvOne, spesialis farmakologi dr. Lonah, Sp.FK menjelaskan, untuk mengatasi keluhan batuk, masyarakat dapat mengolah kencur dengan cara dihancurkan.

"Ambil 10 gram kencur ditambahkan dengan air hangat, kalau anak kan agak sulit, bisa disaring kemudian ditambahkan dengan madu 1 sendok teh. Tapi, baiknya kencur ini langsung dikonsumsi," kata dia.

Cegah Pengapuran, 4 Makanan Ini Bisa Bikin Tulang Kuat dan Sehat

Selain mengatasi keluhan batuk, kencur juga diketahui dapat mengatasi penuaan dini. Hal ini lantaran adanya kandungan senyawa antioksidan dalam kencur yang dapat menangkal efek radikal bebas yang memicu penuaan dini. Selain itu juga ada senyawa antiinflamasi yang dapat mengatasi peradangan.

"Digunakan rutin dengan takaran 16-20 gram per hari, dan perlu diingat ini dikonsumsi selama dia enggak ada alergi. Caranya, campur 10 gram kencur atau setara 2 ruas ibu jari kemudian haluskan dan campur dengan 100 mililiter air hangat, boleh dicampur madu. Untuk konsumsi maksimal 2 cangkir sehari," jelas Lonah.

Langkah Memulai Hidup Sehat, Hindari 6 Makanan Putih Ini

Terakhir, kencur juga diketahui dapat megatasi atau mencegah terjadinya jerawat pada wajah. Caranya, cukup ambil campur kencur dengan satu sendok teh air hangat dan dua sendok teh tepung terigu kemudian haluskan hingga merata. Lalu, aplikasikan pada wajah selama 10 menit, bilas dengan air dan sabun wajah.

"Ini bisa jadi pencegahan jerawat. Tapi, perhatikan juga kalau ada iritasi kulit jangan digunakan masker ini karena bisa menyebabkan peradangan semakin parah, karena adanya efek sensasi hangat dari kencur," jelas dia.

Ilustrasi diet.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Lebaran telah usai, meninggalkan momen indah bersama keluarga dan hidangan lezat. Namun, tak jarang momen ini juga meninggalkan oleh-oleh berupa kenaikan berat badan.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024