Penderita Usus Buntu Harus Segera Dioperasi, Benarkah?

Ilustrasi usus .
Sumber :
  • Pixabay/Elionas2

VIVA – Mengalami radang usus buntu tentu membuat tubuh merasa tidak nyaman. Umumnya mereka yang mengalami usus buntu akan mengalami nyeri di perut kanan bagian bawah. 

Tukul Arwana Masih Rutin Jalani Terapi, Anak Minta Doa

Salah satu penanganan yang biasanya dilakukan ialah dengan melakukan operasi usus buntu. Tapi, tidak semua nyeri di perut bagian kanan bawah berarti mengalami usus buntu. Sehingga, tidak semua keluhan tersebut mesti langsung dioperasi.  

"Kalau memang dia usus buntu, sudah positif usus buntu, dia harus dioperasi, tapi terkadang belum usus buntu sudah dioperasi duluan," ungkap dokter spesialis anak konsultan gastroenterologi hepatologi anak yang berpraktik di RS Pondok Indah,  dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp. A (K), saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Februari 2020. 

Yordania Izinkan Israel-AS Gunakan Wilayah Udaranya untuk Tangkis Serangan Iran

Oleh sebab itu penting untuk memastikan terlebih dahulu diagnosis terhadap pasien tersebut. Untuk menegakkan diagnosis, Frieda mengatakan bawa ada tabel khusus untuk menilainya. 

Dalam tabel tersebut ada beberapa penilaian, seperti di antaranya perpindahan nyeri dari ulu hati ke perut bawah, mual muntah, anoreksia, nyeri di perut kanan bawah, nyeri lepas, demam di atas 37,5 derajat celcius, lekositosis, dan juga menghitung leukosit shift to the left. 

Begini Penampakan Mengerikan Belut Besar yang Ditemukan Hidup di dalam Perut Seorang Pria

Jika skor dari indikator tersebut berkisar 1-4 artinya sangat mungkin bukan apendisitis atau usus buntu akut. Tapi jika skor berkisar antara 5-7 sangat mungkin apendistis akut. Sedangkan, jika berkisar antara 8-10 sudah pasti orang tersebut mengalami apendisitis akut. 

"Makanya harus dipastikan benar-benar berdasarkan skoring yang tadi, kalau untuk awam mengetahuinya agak sulit, karena ada lab ada USG, dan segala macam. Ini benar memang harus penilaian dokter dan skooring itu, supaya membantu  melihat benar atau bukan," kata Frieda. 

Juru bicara militer Israel, Daniel Hagari menunjukkan bangkai rudal Iran

Klaim Tangkis 99 Persen Serangan Rudal dan Drone Iran, Pakar Militer Sebut Israel Halu

Pakar militer Israel, Or Fialkov, pada Rabu setempat mengatakan bahwa bahwa pihak berwenang Tel Aviv memberikan informasi palsu soal serangan Iran.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024