Mulut Bau? Jangan Dicuekin karena Bisa jadi Ada Sinyal Penyakit

Ilustrasi bau mulut
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA – Bau mulut atau dalam sebutan medis halitosis dapat berdampak buruk terhadap aktivitas banyak orang. Seringnya, bau mulut memang bukan masalah serius tapi tak menutup kemungkinan adanya bahaya penyakit yang mengintai.

5 Ciri-ciri Penyakit Diabetes yang Jarang Disadari, Dimulai dari Penglihatan yang Kabur

Beberapa kasus bau mulut berkaitan dengan indikasi penyakit gusi, diabetes, atau ginjal. Biasanya, aroma yang tajam dan bau amis cenderung mengindikasikan beberapa penyakit tersebut.

"Dua masalah utama terkait halitosis biasanya gangguan di gusi dan lidah. Tapi bau tertentu mengindikasikan penyakit lain seperti bau buah busuk tanda ketoasidosis (kondisi komplikasi diabetes akut) dan bau amis pertanda masalah gizi," ujar dr Reena Wadia, dikutip dari laman Daily Star.

Hempas Bau Mulut dengan Obat Kumur, Begini Cara Pakainya Agar Wangi Seharian

Meski begitu, sebagian kasus bau mulut sebenarnya tak selalu pertanda bahaya atau penyakit tersebut. Terlebih, biasanya penyakit tersebut juga menunjukkan gejala lainnya selain bau mulut.

Untuk memastikan bahwa aroma mulut masih dalam batas wajar, selalu rutin menyikat gigi dan lidah setiap hari. Penting juga untuk secara rutin memeriksa ke dokter gigi.

Bau Mulut Bikin Rasa Percaya Diri Berkurang? Lakukan 5 Cara Alami Ini

Serta sesekali pemakaian obat kumur antibakteri atau permen karet tanpa gula dapat menyegarkan aroma mulut dengan mudah. Nah, agar bau mulut tidak terus menerus mengintai, coba jalani pola makan lebih baik mulai dari membatasi makanan atau minuman yang berbau tajam atau pedas.

Mencegah bau mulut dengan rutin, menjaga kesehatan gigi juga penting. Lantaran kondisi gigi berlubang dan penyakit gusi bisa memicu aroma tak sedap. Kebiasaan merokok juga cenderung memicu bau mulut.

Ilustrasi bau mulut

5 Tips Ampuh Cegah Bau Mulut Saat Puasa Ramadhan

Salah satu cara untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa adalah dengan minum banyak air setiap hari. Hal ini akan meningkatkan produksi air liur dan mencegah bau mulut

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024