Tiba di Sebaru Kecil, 181 ABK World Dream Negatif COVID-19

Evakuasi WNI di Wuhan Terkait Penyebaran Virus Corona.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Kementerian Luar Negeri RI/mrh/aww

VIVA – Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi 188 anak buah kapal (ABK) World Dream yang merupakan warga Negara Indonesia. Dari hasil pemeriksaan oleh tim kesehatan KRI dr. Soeharso,  semua ABK dinyatakan tidak terindikasi mengidap COVID-19.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Hasil dari pengecekan suhu tubuh semua ABK rata-rata normal, tidak ada yang di atas 38 derajat celcius. Hasil pengambilan sampel tenggorokan didapat 188 sampel. Untuk pengambilan sampel darah didapat 70 sampel darah, dan akan dilanjutkan di daerah tujuan (Sebaru). Demikian dari siaran pers yang diterima VIVA. 

Setelah berlayar selama dua hari dari Selat Durian, Kepulauan Riau, kapal TNI AL, KRI dr. Soeharso-990 tiba di Kepulauan Seribu, Jumat, 28 Februari 2020. Selanjutnya, 188 WNI itu diturunkan dari kapal menuju Pulau Sebaru dengan menggunakan 2 unit Landing Craft Unit (LCU).  

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

LCU pertama membawa 16 WNI beserta bagasi, sementara sebanyak 172 WNI menggunakan LCU kedua dan langsung diterima oleh Tim Observasi Gabungan di Pulau Sebaru. 

Selama perjalanan dengan KRI dr Soeharso menuju Pulau Sebaru tidak ditemukan adanya kendala. Para WNI ABK World Dream mengikuti berbagai kegiatan rutin antara lain ibadah, pemeriksaan kesehatan, olah raga, bimbingan psikologi, dan kegiatan lainnya.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Proses evakuasi berjalan dengan baik dan kerjasama berbagai pihak secara terpadu sangat mendukung kelancaran evakuasi. Dalam mendukung operasi kemanusiaan ini, kapal rumah sakit KRI dr. Soeharso diawaki oleh 95 ABK dan didukung 59 personel Satgas Evakuasi. 

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024