Banyak Lelaki Keluhkan Batu Saluran Kemih, Apa Sebabnya?

Ilustrasi gangguan prostat
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Batu saluran kemih dan pembesaran prostat ialah dua masalah yang kerap dialami oleh banyak laki-laki dewasa. Penyakit itu diduga berkaitan dengan pola hidup tidak sehat. 

Pakar Ungkap Pria Harus 21 Kali Ejakulasi dalam Sebulan, Kenapa?

"Menurut saya jumlah pasien yang mengidap batu saluran kemih dan pembesaran prostat meningkat dari tahun ke tahun dengan pola hidup yang tidak sehat yang dilakukan oleh masyarakat, terutama untuk laki-laki," ungkap Spesialis Urologi Rumah Sakit Siloam TB Simatupang, dr. Anggie Novaldy, Sp. U, dalam keterangan tertulisnya. 

Seperti dilansir dari Healthline, batu saluran kemih adalah mineral mengkristal yang terbentuk ketika urine pekat mengeras di dalam kandung kemih setelah buang air kecil. Lebih dari 90 persen air seni terdiri dari air.

Waktu Ideal untuk Kencing Setiap Hari, Laki-laki Harus Tahu Agar Prostat Tetap Sehat

Sisanya mengandung mineral, seperti garam dan produk limbah, seperti protein. Urine pekat dapat bervariasi dalam warna mulai dari warna gelap hingga cokelat tergantung pada jenis limbah dan mineral yang dikandungnya.

Urine yang terkonsentrasi seringkali merupakan hasil dari dehidrasi atau ketidakmampuan untuk benar-benar mengosongkan kandung kemih. 

Posisi Penis Saat Pakai Celana, Harusnya Menghadap ke Atas atau ke Bawah?

Hal itu terjadi karena pembesaran prostat, masalah kandung kemih, atau infeksi saluran kemih (ISK). Jika tidak diobati, batu kandung kemih dapat menyebabkan infeksi dan komplikasi lainnya.

"Oleh sebab itu saya sangat berusaha untuk mengedukasi para teman sejawat untuk dapat mendiagnosa gejala-gejala batu saluran kemih dan pembesaran prostat," kata Anggie. 

Kucing Maine Coon

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

Seringkali diabaikan, tetapi memiliki dampak yang serius pada kesehatan kucing, Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD) atau penyakit saluran kemih bawah pada kucing.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024