Harga Masker N95 Capai Jutaan, Begini Cara Buat Sendiri di Rumah

Ilustrasi virus corona/COVID-19/masker.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Indonesia tak lagi berstatus bebas virus corona. Presiden Joko Widodo, telah mengumumkan dua warga negara Indonesia dipastikan positif terjangkit COVID-19.

Lebaran Tinggal Menghitung Hari, Intip 4 Jenis Sheet Mask yang Bikin Wajah Glowing

Sebagai langkah pencegahan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker. Tapi sayangnya, sejak awal Februari 2020 lalu, harga masker N95 di Indonesia, termasuk di berbagai e-commerce, sudah melonjak drastis.

Biasanya harga masker N95 berkisar Rp200 ribu per kotak, yang berisi 20 lembar masker. Berarti, satu masker N95 seharga Rp10 ribu saja. Namun, belakangan ini, harga satu kotak masker tersebut melonjak bahkan hingga jutaan Rupiah.

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Untuk menyiasatinya, sebenarnya Kamu bisa membuat masker sendiri di rumah, lho. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa cara membuat masker sendiri.

Memanfaatkan kain bekas

5 Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Dipencet, Rajin Pakai Scrub

Gunakan kain katun, karena teksturnya tidak terlalu keras atau lembut. Ukur dan potong kain dan sesuaikan dengan ukuran wajah. Lipat bagian tepi dan tengah kain menjadi beberapa lipatan, sama persis seperti masker sekali pakai. Lalu setrika, supaya lipatan tidak memudar

Terakhir, gunakan karet yang biasa digunakan untuk celana atau yang lainnya untuk pengait di telinga.

Masker sekali pakai untuk kondisi darurat

Akun YouTube 5-Minute Crafts juga turut membagikan cara membuat masker sekali pakai. Misalnya, Kamu tidak membawa masker, kemudian teman di sebelahmu tiba-tiba batuk dan tidak menutupi mulutnya. Kamu bisa memanfaatkan tisu yang kamu punya.

Caranya, lipat tisu menjadi beberapa bagian seperti masker. Lubangi dua bagian sisi tisu, lalu gunakan karet sebagai pengait untuk telinga.

Gunakan kain neoprene

Gambar pola di atas kertas membentuk masker. Kemudian, gambar juga pola membentuk telinga. Gunting kertas tersebut mengikuti bentuk pola. Lubangi di bagian telinga. Ambil kain neoprene, gunting sesuai pola yang sudah dibuat pada kertas. Kemudian, jahit bagian tengah masker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya