Jangan Bikin Masker Sendiri Pakai Tisu Basah, Ini Alasannya

Wanita pakai masker.
Sumber :
  • Unsplash/Michael Amadeus

VIVA – Beredarnya video seorang wanita yang membuat masker dari tisu basah kian viral di dunia maya. Hal ini dilakukan lantaran masker yang kian diburu dan khawatir stoknya akan menipis. Apalagi, harga masker juga makin melonjak akibat virus corona atau COVID-19 yang mewabah di dunia.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Alih-alih efektif, cara pembuatan masker dengan tisu basah ini memicu dampak buruk lantaran debu dan kotoran bisa menempel.

"Tisu basah jadi masker kena debu, nempel semua. Itu basah luar dalam," ujar Sesditjen P2P Kemenkes, Achmad Yurianto, di kantor Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta, Selasa, 3 Maret 2020.

Restrukturisasi Kredit Berakhir, Bank Mandiri: Kondisi Debitur Terdampak COVID-19 Kembali Normal

Menurutnya, pemakaian masker bukan peraturan yang baku dalam mencegah penyebaran virus. Yuri juga menegaskan bahwa penularan virus corona dapat dicegah melalui perilaku hidup bersih dengan mencuci tangan.

Terlebih, penggunaan masker pun disarankan pada mereka yang sakit dan bukan pada kondisi yang sehat. Sehingga diharapkan agar masyarakat bisa mengenakan masker jika memang dibutuhkan dan sesuai dengan masker yang tepat.

Program Restrukturisasi Kredit Terdampak COVID-19 Berakhir, OJK Ungkap Alasan Tak Diperpanjang

"Kalau kamu punya masker, ya pakai masker (bukan tisu basah)," tutupnya.

Wapres ke-10 dan 12 sekaligus politikus senior Partai Golkar, Jusuf Kalla di Perpusnas, Jakarta Pusat, Senin, 4 Maret 2024

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK) mengaku bersyukur Lebaran pada tahun ini lebih ramai dan syahdu daripada tahun-tahun sebelumnya ketika wabah COVID-19 melanda.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024