Pulang dari Luar Negeri, Bisakah Minta Surat Keterangan Bebas Corona?

Pemeriksaan Suhu Tubuh Cegah Penyebaran Corona
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Makin mewabahnya COVID-19 membuat sejumlah orang khawatir. Bahkan, sejumlah perusahaan meminta karyawannya yang telah bepergian ke luar negeri untuk meminta surat keterangan bebas corona ke rumah sakit.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Hal itu dimaksudkan untuk mengurangi kekhawatiran sekaligus mencegah penularan. Tapi benarkah kita bisa minta surat keterangan bebas corona setelah dari luar negeri? 

"Nah ini saya mau klarifikasi, jadi saat ini tidak ada pemeriksaan check up untuk corona,” ungkap Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Rita Rogayah saat ditemui baru-baru ini. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Seperti diketahui RSUP Persahabatan merupakan salah satu rujukan nasional untuk penyakit COVID-19. Rita melanjutkan, bahwa pihaknya memang memiliki poli yang yang melayani orang sehat untuk konsultasi, bertanya, memeriksakan diri. 

"Kami tidak mengeluarkan surat pernyataan bebas corona atau sertifikat bebas corona. yang kami lakukan konsultasi dan bila ingin melakukan pemeriksaan maka kami akan melakukan pemeriksaan dan membuat surat keterang kondisi saat yang bersangkutan dalam kondisi seperti apa," ujar Rita. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Umumnya, keterangan yang diberikan oleh RSUP Persahabatan berisi keterangan bahwa seorang tidak dalam kondisi infeksi saluran pernapasan akut. Namun, ia sekali lagi menegaskan bahwa itu bukanlah keterangan bebas corona.

"Karena pada orang sehat kami tidak melakukan pemeriksaan lanjut untuk virus corona, pada orang sehat tidak. Jadi yang kami lakukan pemeriksaan khusus untuk virus corona bila ada gejala ada kontak erat atau dari negara terjangkit yang kita sebut pasien dalam pengawasan." 

Ilustrasi vaksin.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Vaksin merek AstraZeneca diketahui juga digunakan di Indonesia saat pandemi COVID-19 beberapa tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024