Peneliti: Virus Corona Tahan 30 Menit di Udara dan Terbang 4,5 Meter

virus corona
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Baru-baru ini tim epidemiologis pemerintah Tiongkok melakukan sebuah studi mengenai penyebaran virus corona. Dari studi itu diketahui bahwa virus corona yang menyebabkan Covid-19 dapat bertahan di udara selama setidaknya 30 menit dan 'berjalan' hingga 4,5 meter atau lebih jauh dari "jarak aman" yang disebutkan sebelumnya.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Tidak sampai di situ, peneliti juga menemukan bahwa virus corona bisa bertahan selama berhari-hari di permukaan tempat droplet jatuh. Sehingga meningkatkan risiko penularan jika orang yang tidak menaruh curiga menyentuhnya dan kemudian menggosok wajah mereka.

Meski demikian, waktu bertahannya virus itu menempel di permukaan bergantung terhadap beberapa faktor,seperti suhu dan jenis permukaan. Misalnya pada sekitar 37C, dapat bertahan selama dua hingga tiga hari pada kaca, kain, logam, plastik atau kertas.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Temuan ini, dilakukan oleh sekelompok peneliti resmi dari provinsi Hunan yang menyelidiki kasus cluster, menantang saran dari otoritas kesehatan di seluruh dunia bahwa orang harus tetap terpisah pada "jarak aman" satu hingga dua meter (tiga hingga enam setengah kaki).

Pekerjaan mereka didasarkan pada kasus wabah lokal pada 22 Januari selama puncak musim perjalanan Tahun Baru Imlek.  Seorang penumpang, yang dikenal sebagai "A", menaiki bus jarak jauh yang penuh dan duduk di baris kedua dari belakang. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Penumpang itu sudah merasa sakit pada saat itu tetapi sebelum Cina menyatakan wabah coronavirus sebagai krisis nasional, jadi "A" tidak memakai masker, begitu pula sebagian besar penumpang lain atau pengemudi di bus itu.

"Dapat dipastikan bahwa dalam lingkungan tertutup dengan pendingin udara, jarak transmisi virus corona baru akan melebihi jarak aman yang dikenal secara umum," tulis para peneliti dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal peer-review Practical Preventive Medicine, Jumat lalu seperti dikutip dari laman SCMP.

Makalah ini juga menyoroti risiko bahwa virus corona dapat tetap bertahan bahkan setelah penderita meninggalkan bus. Para ilmuwan memperingatkan bahwa virus corona bisa bertahan lebih dari lima hari dalam kotoran manusia atau cairan tubuh.

Mereka mengatakan penelitian membuktikan pentingnya mencuci tangan dan mengenakan masker di tempat-tempat umum itu penting, karena virus dapat bertahan di udara yang menempel pada partikel droplet halus.

"Saran kami adalah untuk memakai masker wajah [naik bus]," tambah mereka.

Hu Shixiong, penulis utama penelitian yang bekerja untuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Provinsi Hunan, mengatakan rekaman kamera keamanan menunjukkan pasien "A" tidak berinteraksi dengan orang lain selama empat jam perjalanan. Tetapi pada saat bus berhenti di kota berikutnya, virus sudah 'melompat' dari "A" ke tujuh penumpang lainnya.

Ini termasuk tidak hanya orang yang duduk relatif dekat dengan "pasien nol", tetapi juga beberapa korban enam baris darinya - sekitar 4,5 meter jauhnya. Mereka semua kemudian dinyatakan positif, termasuk satu penumpang yang tidak menunjukkan gejala penyakit.

Setelah penumpang ini pergi, rombongan lain naik bus sekitar 30 menit kemudian.  Seorang penumpang yang duduk di barisan depan di sisi lain lorong juga terinfeksi.

Hu mengatakan pasien, yang tidak mengenakan masker, kemungkinan menghirup aerosol, atau partikel kecil, yang dihembuskan oleh penumpang yang terinfeksi dari kelompok sebelumnya. Aerosol adalah partikel berbobot ringan yang terbentuk dari tetesan kecil cairan tubuh.

“Alasan yang mungkin adalah bahwa di ruang tertutup sepenuhnya, aliran udara terutama didorong oleh udara panas yang dihasilkan oleh pendingin udara.  Munculnya udara panas dapat mengangkut tetesan yang sarat virus ke jarak yang lebih besar, ”kata surat kabar itu.

Setelah turun dari bus antar-jemput, operator awal naik minibus dan melakukan perjalanan selama satu jam lagi.  Virus itu melonjak ke dua penumpang lain, salah satunya juga yang duduk 4,5 meter dari pasien "A".

Pada saat penelitian selesai pada pertengahan Februari, pasien "A" telah menginfeksi setidaknya 13 orang.

Secara umum diyakini bahwa penularan Covid-19 ke udara terbatas karena tetesan kecil yang diproduksi oleh pasien akan dengan cepat jatuh ke tanah. Kepercayaan ini telah mendorong otoritas kesehatan China untuk menyarankan bahwa orang harus tinggal satu meter terpisah di depan umum dan Pusat Pengendalian Penyakit AS merekomendasikan jarak aman enam kaki (sekitar 1,8 meter).

Para peneliti juga menemukan bahwa tidak ada penumpang di dua bus yang memakai masker wajah dan mulut terinfeksi. Mereka mengatakan itu membenarkan keputusan untuk meminta orang mengenakan masker di depan umum

“Saat mengendarai transportasi umum yang lebih tertutup seperti kereta bawah tanah, mobil, pesawat terbang, dll, kamu harus mengenakan masker sepanjang waktu, dan pada saat yang sama, meminimalkan kontak antara tangan kamu dengan area umum, dan menghindari menyentuh wajah kamu sebelum membersihkan tangan," kata mereka.

Para peneliti juga menyarankan peningkatan sanitasi pada transportasi umum dan menyesuaikan pendingin udara untuk memaksimalkan volume udara segar yang dipasok. Mereka juga mengatakan interior harus dibersihkan dan didesinfeksi sekali atau dua kali sehari, terutama setelah penumpang tiba di terminal.

Seorang dokter di Beijing yang terlibat dalam diagnosa dan perawatan pasien Covid-19 mengatakan penelitian itu telah meninggalkan beberapa pertanyaan yang belum terjawab. Misalnya, para penumpang yang duduk tepat di sebelah operator tidak terinfeksi, meskipun mereka menderita paparan tertinggi terhadap aerosol pembawa penyakit.

"Pengetahuan kami tentang penularan virus ini masih terbatas," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya