Bisa Atasi Batuk, Ini 7 Manfaat Unik Garam

Ilustrasi garam.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Garam menjadi bahan makanan yang wajib ada di setiap dapur rumah tangga. Garam sendiri memiliki fungsi penting sebagai penambah rasa pada makanan. 

Ketahui 5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Mie Instan Saat Sahur

Namun, bukan hanya sebagai penambah rasa pada makanan saja. Garam juga memiliki beragam jenis manfaat lainnya di rumah tangga, salah satunya sebagai bahan pembersih alami. Garam yang memiliki sifat antibakteri, membantu kamu membersihkan pakaian dan lingkungan rumah tetap steril dari bakteri. Terlebih belakangan ini tengah merebaknya virus corona (Covid-19) di berbagai negara di dunia.  Berikut ini beragam manfaat atau fungsi garam seperti dilansir dari laman Asiaone

Noda

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Cara Atasi Pusing Saat Puasa

Noda pada permukaan kayu tentu kurang sedap dipandang mata. Meski begitu, kamu bisa menggunakan garam untuk mengatasi masalah noda pada furnitur kayu dengan menambahkan minyak sayur atau cuka. Campurkan garam dan minyak sayur dengan jumlah yang sama ke dalam pasta dan gosokkan pada noda, diamkan selama 10 menit sebelum dibersihkan. 

Noda kuning pada baju

Terapkan Pola 5210 untuk Atasi Obesitas, Wajib Coba!

Cuaca yang lembab di Indonesia membuar kita berkeringat ketika berada di luar rumah dan di bawah matahari. Tentu hal ini menyebabkan noda kuning yang tak terhindarkan pada kemeja putih atau seragam. Tentu, ada deterjen penghilang noda kuning yang tersedia di pasaran tetapi mengapa mengeluarkan uang ekstra saat kamu bisa membuatnya sendiri.

Campurkan empat sendok makan garam ke empat liter air dan terus-menerus oleskan larutan air garam pada noda kuning sampai benar-benar hilang.

Menjaga warna pakaian tetap cerah

Garam diketahui dapat menjadu bahan alami untuk menjaga warna pakaian tetap cerah. Kamu cukup menambahkan dua sendok makan ke dalam cucian.  Klorida dalam garam dapat mencerahkan pakaian dan membuat warna pakaian kamu bertahan lebih lama.

Memperbaiki saluran yang mampet

Saluran pembuangan air rumah tangga yang mampet ternyata bisa diperbaiki dengan menggunakan garam, soda kue, cuka dan air panas. Caranya campurkan 1/4 cangkir garam ke setengah cangkir baking soda, lalu tuangkan ke saluran pembuangan dan biarkan selama sekitar satu jam atau lebih jika sudah tersumbat.

Hangatkan secangkir cuka dalam microwave atau didihkan di atas kompor sebelum menuangkannya ke saluran pembuangan, hati-hati dengan perbandingan bahan-bahan karena akan menggelembung dan berbusa karena reaksi kimia.  Setelah 15 hingga 30 menit, bilas dengan dua gelas air mendidih.

Membersihkan noda pada panci 

Panci yang gosong adalah hal yang paling sulit dibersihkan dan kamu mungkin harus berdiri di dekat wastafel untuk menggosok selama beberapa menit.  Meski begitu, kotorannya tidak akan hilang sepenuhnya.

Untuk membersihkan panci atau yang gosong dengan mudah, tutup permukaannya dengan garam dan tambahkan sedikit air.  Diamkan wajan selama sekitar 10 menit dan saksikan noda yang gosong keluar dari panci dengan mudah.  Untuk noda gosong yang membandel, rebuslah air garam dalam wajan, atau gosok panci dengan garam dan lemon.

Untuk menghilangkan karat, campur air, garam dan krim tartar untuk membentuk pasta.  Gosokkan pasta pada bagian yang berkarat dan biarkan mengering sepenuhnya, kemudian gunakan kain lembut untuk membersihkannya.

Menggunakan garam untuk perawatan pribadi

Jika Anda sakit tenggorokan, campur setengah sendok teh garam dan air hangat untuk berkumur.  Garam membantu membunuh bakteri di tenggorokan dan mengurangi pembengkakan, yang akan menenangkan tenggorokan.

Untuk luka

Larutan garam pada dasarnya menggabungkan air dan garam, yang dapat digunakan untuk mengobati luka dan membersihkan sinus, tetapi hanya dapat disimpan untuk jangka waktu singkat.

Kamu bisa menambahkan garam ke air suling dan menggunakannya secara langsung, atau tambahkan satu sendok teh garam ke dua cangkir air panas dan dinginkan sebelum menggunakannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya