Tangkal Virus Corona, 5 Langkah Sederhana Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Wabah virus corona atau COVID-19 kian hari kian mengkhawatirkan. Apalagi beberapa tokoh ternama dunia, mulai dari aktor hingga politisi, sudah dinyatakan positif COVID-19. Hingga saat ini, memang belum ditemukan vaksin ataupun obat penawar untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Selain mencuci tangan, hal lain yang dapat dilakukan sebagai usaha preventif penyebaran virus corona adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Berikut ini 5 cara yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu 

Kurangi Stres

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Orang yang mengalami stres akan lebih mudah terserang penyakit pernafasan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Carnegie Mellon University selama 20 tahun, menunjukkan bahwa orang yang tidak stres berpeluang kecil untuk tertular gejala demam dan flu. Selain itu, stres juga dapat menyebabkan kesembuhan menjadi lebih lambat. Hal ini dibuktikan oleh studi dari Ohio State University. 

Tingkatkan Jam dan Kualitas Tidur

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Sistem imun yang sehat dapat menangkal infeksi dan berbagai penyakit. Kamu bisa meningkatkan sistem imun dengan menjaga pola tidur dan kualitas tidur kamu, nih. 

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 164 koresponden, semua orang yang terlibat sengaja terekspos oleh virus demam. Namun, ternyata hanya beberapa orang dari mereka yang berakhir sakit. Mereka yang sakit ini ternyata memiliki jam tidur yang rendah, kurang dari enam jam.

Biasakan untuk tidur selama tujuh jam per malam. Lakukan olahraga sebelum tidur dan hindari makan ataupun melihat layar gadget sebelum tidur. 

Perhatikan Konsumsi Vitamin D

Vitamin D juga digadang-gadang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal penyakit pernapasan. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 107 pasien lansia, beberapa mengonsumsi vitamin D dalam dosis yang tinggi, sementara yang lainnya hanya dosis standar. Setelah satu tahun lamanya, pasien dengan vitamin D dosis tinggi ternyata mengalami 40 persen masalah pernapasan yang lebih rendah. Vitamin D dapat kamu temukan di susu dan ikan yang berlemak, seperti salmon.

Kurangi Konsumsi Alkohol Berlebih

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum alkohol rentan terjangkit infeksi saluran pernapasan dan pneumonia. Mereka juga cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh dari infeksi ataupun luka. Ini tak lain karena alkohol mengubah mikroba yang mempengaruhi daya kerja sistem imun.

Takaran alkohol yang ideal adalah satu gelas per hari untuk perempuan dan dua gelas per hari untuk laki-laki.

Menjaga Makanan

Seiring dengan kepanikan yang luar biasa akibat virus corona, banyak media yang memberikan resep makanan atau minuman yang diduga dapat menangkal penyakit tersebut. Kenyataannya, hal ini belum terbukti secara ilmiah. Oleh karena itu, yang perlu diperhatikan adalah pola makan yang sehat dan olahraga.

Laporan: Nariyati

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya