Suhu Tubuh Lebih dari 38 Derajat Celcius Dilarang Naik KA Bandara

Petugas Bandara Soekarno Hatta memeriksa suhu tubuh penumpang
Sumber :
  • VIVAnews/Sherly

VIVA – Sebagai upaya pencegahan tersebarnya virus Corona atau Covid-19, PT Railink sebagai pengelola kereta Bandara Soekarno-Hatta, memberlakukan aturan khusus bagi para penumpang. Untuk mencegah penularan, para penumpang yang hendak menaiki kereta bandara diminta untuk melakukan cek suhu tubuh.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Dimana, jika pada saat pengecekan suhu badan ditemukan suhu calon penumpang mencapai 38 derajat Celcius atau lebih, maka sesuai rekomendasi petugas kesehatan calon penumpang dilarang untuk melakukan perjalanan menggunakan KA Bandara.

"Saat ini, kita telah menempatkan petugas untuk melakukan pengecekan suhu badan bagi calon penumpang, yang terdapat di sekitar area Vending Machine atau Meja Informasi (POS) masing-masing stasiun. Dan kalau ditemukan penumpang dengan suhu badan mencapai 38 derajat celcius atau lebih, maka dilarang untuk melakukan perjalanan menggunakan kereta Bandara," kata Humas PT Railink, Diah Suryandari di Tangerang, Minggu, 15 Maret 2020.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Adanya hal ini pun, pihak Railink juga melakukan pengembalian biaya penuh bagi penumpang tersebut. Tidak hanya itu, bagi penumpang yang batal berangkat karena membawa pendamping melebihi batas suhu badan, maka tiket dapat dikembalikan penuh juga. Ini dilakukan untuk maksimal dua orang dalam satu kode booking dan berbeda kode booking.

"Kita lakukan pengembalian penuh, dan langkah ini sebagai salah satu upaya mencegah COVID-19," ujarnya.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Selain menempatkan petugas pemeriksaan suhu badan pada calon penumpang KA Bandara, PT Railink juga sediakan hand sanitizer di sarana KA Bandara, vending machine dan area meja informasi (POS) masing-masing stasiun.

"Tidak hanya melakukan pencegahan lewat pengguna saja, namun kebersihan terhadap sarana dan fasilitas di stasiun pun selalu di jaga. Dengan melakukan pencucian dan pembersihan interior kereta Bandara dengan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus," ungkapnya saat ditanya tindakan yang dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19 meluas.

Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus di KPK

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus terkait kasus dugaan korupsi Alat Pelindung Diri (APD)

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024