Efektif Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ginseng Bermanfaat Cegah COVID-19

Ginseng Korea.
Sumber :
  • VIVA / Linda

VIVA – ?Ginseng menjadi salah satu tumbuhan herbal yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Ginseng juga diketahui memiliki zat aktif yang dipercaya dapat menambah energi.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Di Korea, gingseng sering dikonsumsi sebagai suplemen, termasuk oleh anak-anak terutama saat mereka tengah menjalani ujian sekolah. Sebabnya, ginseng diketahui bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh para siswa selama ujian berlangsung.

Menurut spesialis farmakologi, dr. Lonah, Sp.FK, ginseng memang bermanfaat sebagai penambah stamina dan energi.

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

“Ada penelitian yang menyebut ginseng memiliki efek baik untuk meningkatkan stamina, ginseng juga diketahui sebagai anti peradangan, terbukti dalam penelitian yang dilakukan terhadap manusia mendapatkan satu gram ginseng Korea didapati 30-40 hari kondisinya baik dibanding subyek lain yang tidak mengonsumsi gingseng,” kata dia dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne.

Selain itu, ginseng juga diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mencegah virus atau kuman masuk ke tubuh. Hal ini karena ginseng mengandung flavonoid yang bisa melindungi tubuh dan meningkatkan kualitas sel tubuh untuk melawan virus atau bakteri yang masuk.

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

“Tapi perlu diperhatikan, kalau mau sehat, terlindungi virus kita juga harus jalankan pola hidup sehat kecukupan gizi, istirahat, olahraga,” jelasnya.

Meski baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah masuknya virus dan bakteri dalam tubuh, Lonah menjelaskan bahwa penting untuk mengonsumsi ginseng dengan bijak.

“Ginseng baik untuk melindungi tubuh tapi perlu diingat bahwa ginseng bukan obat utama, selain ginseng kebiasaan pola hidup sehat juga perlu diperhatikan. Kalau ada penyakit kronis, konsultasikan dengan dokter untuk mengonsumsi ginseng,” jelas Lonah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya