6 Tips Terlihat Profesional di Rapat Online saat Work From Home

Ilustrasi depan laptop.
Sumber :

VIVA – Kebijakan work from home atau kerja di rumah mulai banyak diimplementasikan oleh berbagai perusahaan dan kantor di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk menekan angka penyebaran virus corona atau COVID-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Namun, bekerja di rumah bukanlah alasan untuk tidak terlihat profesional, ya. Jika hendak melakukan pertemuan daring melalui fitur FaceTime, Skype, atau Zoom, maka Kamu perlu memperhatikan 6 tips berikut agar tetap terlihat profesional, seperti dihimpun dari berbagai sumber.

Perhatikan pencahayaan

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Hindari pencahayaan yang sangat terang dan berada tepat di atas kepala. Hal ini akan menciptakan bayangan yang tidak enak untuk dipandang. Lebih baik, gunakan lampu meja dan letakkan tepat di atas webcam. Jadi, cahaya akan mengenai wajahmu dari angle depan

Jika tidak mempunyai lampu, Kamu bisa mengakalinya dengan membuka blank document dan atur brightness layar hingga maksimal. Jadi, layar putih akan menyinari wajahmu.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Perhatikan posisi duduk

Jangan duduk membelakangi jendela atau sumber cahaya terang lainnya. Hal ini akan menimbulkan backlight. Alhasil, wajahmu menjadi tertutup bayangan dan susah untuk tertangkap di kamera.

Cahaya natural

Cari tempat di mana sinar matahari dapat masuk atau ruangan dengan cahaya buatan yang sudah cukup baik. Tidak apa-apa duduk menghadap jendela, asalkan jangan membelakanginya. Hidupkan webcam atau kamera telepon genggam dengan mode selfie. Dan voila, Kamu bisa melakukan panggilan video dengan baik.

Jangan terlalu dekat dengan webcam

Webcam memiliki lensa dengan cakupan angle yang luas. Hal ini akan membuat benda terlihat membesar jika diposisikan terlalu dekat. Jika Kamu duduk terlalu dekat, maka bagian wajahmu, seperti hidung dan dagu akan terlihat lebih besar.

Tatap kamera

Pada saat melakukan panggilan video, kita cenderung untuk melihat pantulan bayangan diri kita sendiri atau orang yang sedang kita hubungi. Namun, sebenarnya hal ini akan membuat mata Kamu seolah sedang melihat ke bawah atau ke arah lain.

Untuk menciptakan efek eye contact dengan lawan bicaramu, cobalah untuk melihat lurus ke arah kamera.

Posisi kamera

Pastikan kamera berada sejajar di hadapanmu atau sedikit lebih tinggi dari posisi matamu. Jika perlu, letakkan laptop-mu di atas tumpukkan buku. Pastikan juga bahwa wajahmu berada di tengah layar. Hal ini tentu akan membuat video lebih enak dilihat.

Laporan: Nariyati

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya