3 Jenis Vitamin Ini Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi vitamin/obat.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Per hari Rabu, 18 Maret 2020, jumlah pasien positif virus corona di Indonesia bertambah menjadi 227 orang dan 19 meninggal.

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Melembapkan Kulit Secara Alami

Meningkatnya jumlah pasien positif COVID-19 di Indonesia tentu membuat masyarakat semakin waspada untuk mencegah penyebaran virus corona baru ini. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan antar manusia adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh di samping mengonsumsi makanan sehat, adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin atau bisa mengonsumsi suplemen vitamin.

Blewah: Buah Kaya Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan!

Lalu, jenis vitamin apa saja yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh?  

Dilansir dari laman resmi Cleveland Clinic, ahli diet Julia Zumpano, RD, LD, menyebutkan bahwa ada tiga jenis vitamin yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut ini di antaranya.

Kurma Ajwa dan Sukkari Jadi Primadona saat Ramadhan, Seperti Apa Rasanya?

Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asupan vitamin C harian sangat penting untuk kesehatan yang baik, karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpannya.

Berita baiknya adalah bahwa vitamin C ada dalam begitu banyak makanan, sehingga kebanyakan orang tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin C, kecuali seorang dokter menyarankannya.

Jenis makanan yang kaya vitamin C termasuk jeruk, jeruk bali, stroberi, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli.  

Vitamin B6

Vitamin B6 sangat penting untuk mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh.  Makanan kaya vitamin B6 termasuk ayam dan ikan air dingin seperti salmon dan tuna. Vitamin B6 juga ditemukan dalam sayuran hijau dan dalam buncis.

Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. Makanan yang kaya vitamin E termasuk kacang-kacangan, biji-bijian dan bayam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya