Selain Uang, Ini 4 Benda Paling Banyak Dihinggapi Virus dan Bakteri

Uang kertas pecahan rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Mungkin kita sudah tahu bahwa penyebaran virus dan bakteri yang menyebabkan beberapa penyakit menyebar melalui percikan atau droplets. Namun, bukan hanya itu saja, ternyata virus dan bakteri yang dapat menyebabkan beberapa penyakit juga berasal dari benda-benda yang sering kita pegang setiap harinya.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Dalam program Hidup Sehat di tvOne, Dr. Edi Alpino Rivai, MKK menjelaskan setidaknya ada lima benda yang menjadi media penularan bakteri dan virus. Apa saja? Berikut ini ulasannya. 

Remote TV

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

Edi menjelaskan, remot tv menjadi media penularan tidak langsung. Remote tv terutama yang ada di tempat umum menjadi salah satu tempat paling kotor, hal ini karena remote tv sering dipegang.
 
Berdasarkan penelitian, remote menjadi tempat yang paling timggi mengandung bakteri dan jamur, diketahui jumlah bakteri dan jamur di remote tv sebanyak 290 unit per cm persegi, atau lebih tinggi dibanding tempat duduk toilet yang diketahui memiliki 12,4 unit per cm persegi. 

Handphone

Cegah Pengapuran, 4 Makanan Ini Bisa Bikin Tulang Kuat dan Sehat

Dari penelitian, hp adalah salah satu media yang mempunya potensi terjadi penularan tidak langsung, jumlah bakteri di handphone ada 10 kali lipat dibanding toilet duduk. 

"Ponsel sering dibawa kemana bakteri menghinggap dari jalan-jalan. Hp menjadi sumber kontaminasi pada kulit salah satunya jerawat, makanya gunakan head seat 4 jam, bersihkan hp dengan alkohol untuk mengurangi jumlah kuman atau bakteri sebelum menggunakannya," lanjut dia.

Troli belanja

Troli menjadi media berpotensi penularan virus tidak langsung COVID-19. Troli Memiliki bakteri 361 kali lebih banyak termasuk ecoli salmonela yang sebabkan pneumonia dan gangguan pencernaan.

"Dua puluh empat persen kuman yang ditemukan penyebab infeksi kuman," kata Edi.

Papan keyboard

Papan keyboard menjadi media penyebaran kuman dan virus. Penelitian di Australia menemukan kuman dan virus di keybord berjumlah 400 kali dari yang ditemukan. Tidak hanya itu penelitian rumah sakit di Belanda menyebut papan keyboard mengandung bakteri dan patogen lainnya karena bicara atau batuk di depan komputer.

Uang

Selembar uang bisa menjadi salah satu media penyebaran virus dan kuman. Sebab uang sudah banyak pindah tangan. Penelitian menyebutkan, 36 persen bakteri ada di uang yang membuat jatuh sakit salah satunya ecoli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya