Menguak Manfaat Tomat dari Cegah Kanker hingga Tangkal Virus

Ilustrasi tomat.
Sumber :
  • Pixabay/Condesign

VIVA – Sering digunakan sebagai tambahan rasa dalam makanan, buah tomat juga dikenal sebagai buah kaya manfaat. Apalagi, tomat merupakan salah satu buah yang tumbuh sepanjang musim sehingga mudah didapatkan.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Selain mudah didapat, manfaat tomat juga diyakini sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini sederet manfaat tomat bagi kesehatan seperti yang dijelaskan oleh dokter spesialis gizi klinis dr. Kristina Joy, M.Gizi dalam program Hidup Sehat di tvOne.

1. Mencegah kanker

Review Negatif Makanan, Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!

Tomat diketahui mengandung vitamin c dan antioksidan. Antioksidan dalam tomat berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang biasanya berasal dari makanan dan udara. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat mengurangi kanker usus besar.

2. Baik untuk kesehatan kulit

Bukan Cuma Mengatasi Jerawat, Ketahui Manfaat Buah Tomat pada Kesehatan Kulit dan Wajah

Tomat diketahui mengandung vitamin C, yang berfungsi untuk memproduksi kolagen. Kolagen ini penting untuk menjaga kesehatan kulit, kuku dan rambut. Kolagen juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas dari sinar matahari, asap rokok, dannmembantu menjaga kencantikan kulit dan perubahan warna kulit  sehingga dapat mencerahkan kulit.

3. Mencegah sembelit, karena tomat diketahui mengandung air dan sera

4. Baik untuk perkembangan otak dalam janin

Tomat baik untuk perkembangan otak dalam janin karena di dalam tomat terdapat likopen yang baik untuk melindungi otak dan mencegah terjadinya radang. Untuk para ibu hamil disarankan untuk mendapatkan manfaat kadar likopen dalam tomat untuk memasaknya atau dijadikan saus tomat dalam masakan.

5. Baik untuk menjaga kesehatan jantung

Tomat diketahui mengandung potasium, serat, vitamin c dan folat yang bisa tekan homositien penyebab stroke atau kardiovaskilar. Selain itu kalium dalan tomat juga bisa membantun mencegah batu ginjal, dan jantung.

6. Membantu menjaga kesehatan mata

Kandungan polifenol dalam tomat diketahui dapat menjaga kesehatan mata. Disarankan untuk mengonsumsinya dalam keadaan sudah dikupas atau saus tomat, konsumsi tomat juga mencegah terjadinya risiko katarak dan kelainan mata lainnya.

7. Jaga daya tahan tubuh

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak terpapar virus corona adalah dengan mengonsumsi tomat. Tomat diketahui mengandung folat, yang membantu menurunkan risiko terpapar infeksi. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin A dan C, serta zat besi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya