Cara Sederhana Buat Cairan Disinfektan Sendiri di Rumah

Penyemprotan cairan disinfektan di kereta, cegah virus corona.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

VIVA – Beragam cara bisa dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). Mulai dari menjaga daya tahan tubuh dan menjaga higienitas diri sendiri dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Dua Tahun Pandemi COVID: 3 Kesalahan dan 3 Hal yang Harus Diwaspadai

Selain mencuci tangan, perhatikan juga benda-benda di sekitar yang sangat sering kita sentuh, seperti ponsel, gagang pintu, remote tv dan sebagainya. Mengingat, ada kemungkinan transmisi kuman atau bakteri dari barang-barang tersebut. 

Untuk membersihkan barang-barang tersebut kamu perlu menggunakan disinfektan. Cairan disinfektan merupakan zat kimia yang digunakan untuk mensterilkan benda-benda dari pertumbuhan kuman dan bakteri.

6 Bulan Usai Vaksin COVID-19, Antibodi Makin Kuat Lawan Virus

Tak perlu repot membeli, disinfektan juga bisa dengan mudah dibuat sendiri di rumah. Berikut ini cara membuat cairan disinfektan sederhana di rumah seperti yang dikutip dari akun Instagram dr. Nahla Shihab 

Bahan utama sederhana untuk pembuatan disinfektan ini adalah pemutih baju karena mengandung sodium hypochlorite (natrium hipoklorit) dengan konsentasi 5,25 persen. Dalam unggahannya, Nahla mengatakan, bahan disinfektan membutuhkan natrium hipoklorit 0,5 persen.

5 Penyebab Tenggorokan Terasa Panas, Nomor Empat Waspada Virus

"Jadi untuk mendapatkan konsentrasi yang sesuai perlu pengenceran. Sebagai contoh jika kita ingin mendapatkan natrium hipoklorit 0,5 persen sebanyak 1 L, maka dibutuhkan natrium hipoklorit 5,25 persen sebanyak 95 Ml ditambahkan air sebanyak 950Ml," tulis dia dalam unggahan foto.

Lalu, untuk membuat cairan disinfektan rumahan, sediakan 95 ml pemutih pakaian dan 950 ml air. Kemudian, campurkan 95 ml pemutih pakaian dengan 950 ml air. Campuran ini bisa menghasilkan satu liter disinfektan.

Cairan disinfektan ini, kata Nahla, bisa disemprotkan ke permukaan peralatan yang sering disentuh minimal dua kali sehari seperti ke remote, kran, jet shower, tombol siram toilet, gagang pintu, saklar lampu, meja makan dll. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya