Lakukan Disinfeksi Sendiri di Rumah Ternyata Mudah Lho, Begini Caranya

Ilustrasi disinfektan/membersihkan rumah.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penularan COVID-19, sangatlah dianjurkan. Terutama untuk gedung-gedung area publik, seperti mal, apartemen, kantor, rumah sakit, tempat wisata bahkan tempat tinggal kita sendiri juga perlu dilakukan disinfeksi.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Namun, kebanyakan orang berpikir bahwa penyemprotan hanya bisa dilakukan oleh pihak-pihak tertentu yang ahli dalam bidangnya saja. Tetapi, sebenarnya hal ini dapat dilakukan dengan mudah oleh kita sendiri lho.

Selain lebih hemat, melakukan penyemprotan sendiri juga akan lebih efektif membunuh kuman. Lalu, apa saja yang perlu disiapkan?

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Hal-hal yang perlu disiapkan yaitu alat dan bahan yang akan digunakan, seperti APD (Alat Pelindung Diri), bahan, alat dan disinfektan yang dapat digunakan," ujar Elizabeth S. Mulyanto, ST.,MM., Operation Manajer GMT Institute, dari rilis yang diterima VIVA, Kamis 26 Maret 2020.

Alat dan bahan

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Alat pelindung diri (ADP) terdiri dari masker, sarung tangan, topi, dan kacatamata. Kemudian untuk bahannya adalah cairan disinfektan dan air bersih. Kemudian kata Elizabeth, untuk alat penyemprotannya sendiri di antaranya, hand sprayer/spraying machine, corong, gelas ukur, kayu pengaduk, dan lap mikroviber (kain).

Lalu, disinfektan seperti apa yang bisa digunakan?

Sesuai referensi dokter Nanda dari KJP, yang bisa kamu gunakan yaitu, pemutih/clorida atau pembersih lantai/karbol (untuk lantai), atau juga produk pembersih (hipoklorit 0.1-0.5 persen atau chloroxylenol 2-5,5%) /OX-Virin 100 persen biodegradable/bahan disinfektan yang telah tersedia di pasaran. Kemudian bisa juga dengan alkohol 96 persen dicampur air 8:2.

Cara dan tempat yang perlu disemprot
1. Tuangkan disinfektan ke dalam gelas ukur sebanyak 1 liter air, kemudian tambahkan 2 tutup botol disinfektan dan aduk dengan kayu pengaduk sehingga rata, lalu masukkan ke dalam botol hand sprayer. Begitu juga dengan lantai menggunakan karbol.

2. Sebelum melakukan penyemprotan sebaiknya sudah dilakukan general cleaning sehingga hasil lebih maksimal.

3. Jangan lupa memakai APD sebelum melakukan penyemprotan.

4. Penyemprotan dilakukan pada lap mikroviber, kemudian dilap pada area yang akan dibersihkan dengan gerakan sebaiknya satu arah atau gerakan memutar satu arah.

Beberapa perabotan atau tempat yang perlu disemprot atau dilap dengan disinfektan antara lain, lengan kursi, kursi tempat duduk kecuali berbahan kain, gagang pintu, mesin absensi, kran air, hand rail escalator/railing tangga, tombol lift, daerah parkiran, basement/toilet, dan tempat-tempat lain yang mudah dihinggapi virus corona.

"Setelah melakukan disinfeksi di atas, segera melepas APD,  membuang masker yang digunakan dan mencuci tangan hingga bersih," tutur Elizabeth.

Lebih lanjut kata dia, pelaksanaan disinfeksi ini sebaiknya dilakukan sesering mungkin, minimal 3 kali baik di rumah, tempat kerja atau publik area pada pagi, siang, dan malam hari.

"GMT Institute sangat mendukung semua lini masyarakat untuk bahu-membahu bersama mengeliminasi perkembangan COVID-19 ini demi kesehatan kita bersama, seluruh masyarakat Indonesia," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya