WHO Tegaskan Virus Corona Tak Menular Lewat Udara

Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia alias WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyes
Sumber :
  • WHO

VIVA – Mitos mengenai virus corona dan COVID-19 menyebar secepat penyakitnya. Salah satu mitos yang masih banyak dipercaya masyarakat adalah virus ini airborne atau menular lewat udara. Mengenai itu, organisasi kesehatan dunia, WHO membantahnya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Melalui unggahan di Instagram resmi WHO berjudul 'Cek Fakta: COVID-19 Tidak Menular Lewat Udara', mereka menjelaskan lebih lanjut mengenai hal ini.

Menurut WHO, virus yang menyebabkan COVID-19 umumnya menyebar lewat droplets atau percikan cairan mulut atau hidung, ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin atau berbicara.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Droplets ini terlalu berat untuk berada di udara. Mereka dengan cepat jatuh ke lantai atau permukaan benda," tulis WHO dalam unggahan tersebut, dikutip VIVA, Senin, 31 Maret 2020.

WHO menambahkan, Kamu bisa terinfeksi dengan cara menghirup virus ini ketika berada dalam jarak kurang dari 1 meter dengan orang yang positif, atau dengan menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi kemudian memegang mata, hidung atau mulut sebelum mencuci tangan.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

"Untuk melindungi diri, jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain dan disinfeksi permukaan benda yang sering disentuh," lanjut unggahan itu.

Selain itu, cucilah tangan dengan menyeluruh secara rutin dan hindari menyentuh mata, mulut dan hidung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya