Sulit Beli Obat Saat Wabah Virus Corona, Bagaimana Solusinya?

Ilustrasi vitamin/obat.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Kebutuhan obat dan suplemen selama masa pandemi COVID-19 kian meningkat di masyarakat. Bukan saja untuk menangkal serangan virus, namun juga menjaga kondisi tubuh tetap baik dari beragam penyakit.

5 Tips Aman dan Nyaman Mudik untuk Ibu Hamil, Jangan Lupa Konsultasi ke Dokter Kandungan

Namun, seiring dengan imbauan pemerintah agar masyarakat tetap di rumah dalam rangka mempersempit penyebaran wabah virus corona, tak sedikit yang mengeluh sulitnya memenuhi pasokan obat dan suplemen di rumah. Hal ini membuat PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui salah satu entitas anak usahanya, PT Enseval Putera Megatrading Tbk (Enseval) untuk berinovasi melalui teknologi.

Dalam situasi physical distancing dalam penanganan pandemi COVID-19 ini, Enseval memberikan layanan pendistribusian produk kesehatan tersebut secara digital yakni dengan platform EMOS dan MOSHEALTH. Kedua platform digital ini ditujukan bagi apotek, toko obat atau outlet lainnya yang harus tetap melayani masyarakat akan kebutuhan produk kesehatan.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

“Sesuai dengan misi Enseval yakni untuk berkontribusi di dalam meningkatkan kualitas kesehatan melalui ketersediaan produk, kami berkomitmen dalam melayani kebutuhan masyarakat Indonesia di tengah situasi pandemic COVID-19,” kata Presiden Direktur PT Enseval Putera Megatrading Tbk, Djonny Hartono, dalam keterangan tertulisnya, Minggu 5 April 2020.

Djonny menambahkan bahwa pihaknya tetap menjamin ketersediaan produk-produk kesehatan yang berkualitas dengan akses yang mudah dan terjangkau melalui seluruh cabang Enseval yang ada di Indonesia. Hal ini diakukan dalam mendukung kebijakan pembatasan sosial skala besar di tengah pandemic COVID-19 yang disampaikan oleh Presiden RI.

MA Amerika Serikat Batasi Peredaran Pil Aborsi

Lebih lanjut Djonny menambahkan bahwa Enseval sebagai perusahaan jasa distribusi dan logistik yang terintegrasi di bidang kesehatan, terus mengembangkan layanan yang prima, sumber daya manusia yang kompeten, dan inovasi dalam bidang teknologi sesuai dengan perkembangan teknologi digital 4.0. Salah satunya dengan terus berinovasi dalam bidang digital teknologi yang relevan terhadap tantangan saat ini, di mana masyarakat diminta untuk mengurangi interaksi atau physical distancing dalam upaya menekan penyebaran wabah COVID-19. 

EMOS merupakan aplikasi atau platform B2B order digital yang memudahkan apotek, toko dan pelanggan Enseval lainnya untuk memesan produk farmasi dan kesehatan, sehingga ketersediaan produk kesehatan berkualitas di apotek, klinik, rumah sakit dan toko milik pelanggan Enseval tetap terpenuhi dengan baik untuk dapat melayani kebutuhan masyarakat. Saat ini pengguna EMOS telah tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara, MOSHEALTH sebagai aplikasi atau platform B2C order digital untuk memudahkan konsumen membeli obat, vitamin dan produk kesehatan lainnya di mitra Apotek MOSHEALTH tanpa konsumen harus keluar rumah. MOSHEALTH saat ini telah hadir di 35 cabang dari total 48 cabang Enseval di seluruh Indonesia dan dalam waktu dekat, MOSHEALTH akan hadir diseluruh cabang Enseval.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya