Diklaim Tangkal COVID-19, Kalung Antivirus Justru Bahayakan Pernapasan

Virus corona COVID-19
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Kalung antivirus corona disebut-sebut mampu menangkal serangan penyakit COVID-19 yang kian menyebar. Tak sedikit publik figur dan masyarakat awam yang rela membelinya dengan harga selangit karena khawatir tertular virus corona jenis SARS-CoV-2 tersebut. Tetapi, ternyata dokter tak menyarankannya untuk digunakan.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Dokter Spesialis Okupasi, dr. Muchtaruddin Mansyur, MS, Sp.Ok, Ph.D, menuturkan bahwa kalung penangkal virus itu belum terbukti efektivitasnya. Terlebih, penggunaanya malah bisa berbahaya bagi sistem pernapasan.

"Sangat diragukan (efektivitasnya). Secara berkala, kalung akan keluar klorindioksida melalui udara. Digunakan dekat hidung malah terhirup. Mudharatnya (dampak buruknya) jauh lebih besar," ujarnya dalam acara Hidup Sehat di tvOne, Selasa 7 April 2020.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Dijelaskan Muchtar, klorindioksida adalah senyawa untuk membunuh virus di sekitar kita. Secara teori, memang penggunaanya bersifat sebagai disinfektan yang mampu mematikan virus.

"Tapi (membunuh virus harus) dengan konsentrasi tertentu. (Misal) Dipakai ketika cuci baju dan ada takaran. Kalau di udara bebas (belum ada takaran) dan belum lagi ada arah angin, temperatur, kelembaban. Sangat banyak faktornya," paparnya lagi.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Kalung antivirus ini diketahui memiliki teknologi untuk memproduksi klorindioksida, yang nantinya dikeluarkan di sekitar tubuh lalu mematikan virus. Tetapi, lagi-lagi dokter spesialis paru menyebut bahwa benda tersebut tidak efektif pada manusia.

"Klorin masuk ke paru kurang bagus karena dia disinfektan untuk benda mati. Secara ilmiah, karakter virusnya belum tahu jadi obat antivirus dan vaksin belum ada, enggak logis dengan kalung," ujar dr. Yahya Sp.P., di acara yang sama.

Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus di KPK

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus terkait kasus dugaan korupsi Alat Pelindung Diri (APD)

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024