Cara Mencuci Masker Kain yang Tepat

Ilustrasi virus corona/COVID-19/masker.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Sejak Minggu 5 April 2020, pemerintah melalui Juru Bicara Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mewajibkan masyarakat mengenakan masker ketika keluar rumah. Anjuran ini ditetapkan mengikuti saran dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan bahwa penggunaan masker tidak hanya untuk orang sakit tapi juga yang sehat.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Achmad Yurianto menjelaskan, masker ini wajib digunakan oleh seluruh masyarakat ketika berada di luar rumah, karena ketika seseorang berada di luar rumah akan banyak sekali ancaman penularan virus. Achmad Yurianto menjelaskan, masyarakat umum yang sehat bisa menggunakan masker berbahan dasar kain.

Untuk penggunaan masker kain, disarankan digunakan tidak lebih dari empat jam serta gunakan masker kain minimal dua lapisan. Setelahnya, masker harus dicuci agar fungsi penggunaannya optimal.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Lalu, bagaimana cara mencuci masker kain agar bersih dan bebas dari virus dan bakteri? Dilansir dari laman AsiaOne, cuci masker kain layaknya mencuci pakaian yang baru dibeli menggunakan air dan sabun. 
Ketika mencucinya disarankan menggunakan air hangat dan sabun untuk membunuh virus dan bakteri. Setelah itu, jemur masker tersebut di bawah sinar matahari hingga kering. 

Selain itu, salah satu pengguna Instagram menyarankan untuk memperhatikan saat mencuci masker menggunakan mesin cuci. Ada baiknya, untuk tidak mencuci masker bersama dengan pakaian, sebab pada pencucian pertama warna masker seringkali luntur.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Di sisi lain, hingga saat ini belum ada informasi pasti mengenai berapa lama virus corona dapat bertahan pada pakaian dan kain.Namun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyarankan agar masyarakat yang kembali ke rumah setelah bepergian disarankan untuk langsung mencuci pakaian mereka menggunakan air hangat dan mengeringkannya sesuai dengan petunjuk yang telah tertera pada sisi bawah pakaian.

CDC juga mencatat bahwa virus flu dapat dibunuh dengan suhu di atas 75 derajat, bersama dengan penggunaan produk pembersih rumah tangga biasa seperti deterjen. Selain itu, juga penting tetap menjaga jarak serta rajin mencuci tangan untuk memutus rantai penularan COVID-19.

Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus di KPK

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus terkait kasus dugaan korupsi Alat Pelindung Diri (APD)

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024