4 Tipe Meningitis, Radang Selaput Otak yang Diderita Glenn Fredly

Glenn Fredly meninggal dunia.
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Musisi Tanah Air Glenn Fredly meninggal dunia di usia 44 tahun pada Rabu, 8 April 2020. Dunia hiburan kembali berduka atas kehilangan penyanyi bersuara khas itu. Disebutkan bahwa penyebab pria berdarah Ambon, Maluku itu meninggal akibat mengidap meningitis.

Viral Seekor Kambing Makan Bunga Kuburan Glenn Fredly

Meningitis atau radang selaput otak merupakan peradangan selaput yang ada di sekitar otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis paling sering disebabkan oleh infeksi virus, tapi bisa juga disebabkan oleh bakteri.

Dilansir dari laman Everyday Health, Jumat, 10 April 2020, berikut 4 tipe meningitis.

Momen Gewa Panggil Ayah Saat Hologram Glenn Fredly Muncul

Meningitis akibat virus

Kondisi ini paling sering terjadi dan kelompok virus yang paling rentan memicu penyakit adalah enterovirus. Jenis virus lainnya yang dapat memicu penyakit meningitis seperti virus herpes dan HIV.

Two Died from Fungal Brain Infection Linked to Cheap Plastic Surgery

Enterovirus menginfeksi dengan masuk ke sistem pencernaan manusia. Saat imunitas tubuh menurun, virus tersebut dapat aktif dan memicu beberapa gejala seperti flu. Penularannya bisa melalui droplets saat seseorang batuk atau flu.

Meningitis karena bakteri

Kondisi ini cukup jarang terjadi. Jika bakteri berhasil masuk dan menginfeksi sistem pernapasan manusia, lalu bakteri mampu menembus ke otak, maka meningitis dapat timbul. Dua jenis bakteri yang paling sering memicu meningitis adalah meningococcal meningitis dan pneumococcal meningitis.

Jenis meningococcal yaitu neisseria meningitidis yang cenderung berdampak pada anak. Sementara, jenis pneumococcal yaitu streptococvus pneumoniae yang cenderung menyerang usia dewasa.

Meningitis karena jamur

Berbeda dengan virus dan bakteri, jamur penyebab meningitis tidak menular. Ini juga yang menyebabkan kondisi meningitis akibat jamur cukup jarang terjadi. Jamur yang masuk ke tubuh dan mampu menembus ke peredaran darah, cenderung menelusup ke sumsum tulang belakang dan menginfeksi area tersebut.

Mereka dengan imun sistem rendah lebih berisiko seperti anak dan lansia. Pada jenis jamur candida, yang banyak terpapar di rumah sakit, cenderung menginfeksi bayi prematur.

Meningitis karena parasit

Parasit yang ada di tubuh akan mencoba mengganggu fungsi sel darah putih di cairan serebrospinal. Beberapa sumber parasit yang bisa menginfeksi yaitu daging mentah dari ayam, ikan, udang serta keong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya