3 Bahaya Sering Makan Mi Instan Selama Karantina

Ilustrasi mie instan.
Sumber :
  • Freepik/dashu83

VIVA – Imbauan pemerintah untuk karantina mandiri di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19, membuat masyarakat menyimpan makanan dalam jumlah banyak. Mi instan menjadi makanan yang paling sering dipilih karena proses memasaknya yang mudah dan rasa yang lezat.

Sering Makan Mi Instan? Hati-hati, Ginjalmu Bisa Bermasalah!

Tetapi, rutin mengonsumsi mi instan selama karantina mandiri di rumah bisa berisiko besar. Sebab, kandungan di dalam mi instan terdapat banyak garam yang tak boleh dikosumsi dalam jumlah besar.

"Semua makanan instan tinggi garam. Di dalam makanan instan ada banyak garam agar awet. Padahal kebutuhan natrium hanya 1,5 sdt per hari," ujar dokter spesialis gizi klinis, Dr.dr Samuel Oetoro MS SpGK (K) dalam acara Hidup Sehat di tvOne.

TERPOPULER: Kisah Mualaf Cucu Gubernur Sumbar Hingga Larangan Konsumsi Mie Instan Saat Sahur

Terlebih, sering kali seseorang makan mi instan bukan dalam jumlah sedikit. Padahal, dalam satu bungkus mi instan bisa memicu bahaya tekanan darah tinggi dan obesitas yang mengintai di kemudian hari.

"Bahayanya enggak sekarang tapi bisa timbul hipertensi jangka panjang. Makan mi instan bisa 2-3 bungkus, kalori dan natrium berlebih, apalagi tiap hari, bisa obesitas," terangnya.

Jangan Konsumsi Mie Instan Saat Sahur, Kenapa? Simak Ini penjelasannya

Selain itu, dengan timbulnya hipertensi, lemak jahat yang juga turut dikonsumsi bisa berdampak pada kondisi kolesterol. Bahaya kolesterol bisa menganggu fungsi kerja organ lain seperti peredaran darah hingga jantung.

"Bahaya lain ada lemak jahat. Bisa tingkatkan kolesterol ujungnya penyumbatan pembuluh darah," ungkapnya.

Ilustrasi mie instan.

Ketahui 5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Mie Instan Saat Sahur

Mie instan adalah makanan cepat saji yang populer di seluruh dunia, termasuk di kalangan umat Muslim selama bulan Ramadan. Namun, hal ini kurang baik untuk kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2024