Enggak Semua Buah Awet di Kulkas, Ini Aturan Simpannya

Buah-buahan dan sayur-sayuran.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Jelang Ramadan dibarengi dengan momen karantina mandiri di rumah akibat COVID-19, membuat masyarakat banyak menyimpan beragam jenis makanan. Buah dan sayur segar kerap dihindari karena dianggap jenis makanan yang tidak awet disimpan dalam jangka lama.

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Padahal, jika memahami aturan dalam menyimpannya, buah dan sayuran bisa bertahan hingga sepekan lamanya. Untuk beberapa jenis buah, ada yang lebih bertahan lama jika disimpan dengan suhu ruangan, dan bukan di kulkas.

"Alpukat, pisang, jeruk tidak bertahan lama di kulkas dan sebaiknya hanya disimpan di suhu ruangan. Buah segar selain itu bisa awet di kulkas hingga 1 minggu," ujar spesialis gizi klinis, dr Louise Kartika SpGK., dalam acara Hidup Sehat di tvOne, Jumat, 17 April 2020.

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Sementara itu, jika buah segar sudah terlanjur dikupas dan dipotong, bisa awet di kulkas selama 3-4 hari. Asal disimpan di wadah tertutup dan tidak menyatu atau dekat dengan sayuran.

"Beberapa buah tidak butuh kelembapan tinggi jadi tidak usah masuk ke kulkas karena malah cepat busuk. Tapi penyimpanannya di suhu ruangan sebaiknya tidak berdekatan dengan bawang merah dan putih karena membuat lebih cepat busuk," terangnya.

5 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Antioksidan Kuat

Berbeda dengan sayuran yang harus segera masuk ke kulkas karena lebih mudah layu dan membusuk. Sebelum disimpan, sebaiknya dicuci dahulu dan dikeringkan di luar kulkas.

"Cuci bersih agar cegah bakteri dan layu. Dibungkus kertas dan sayuran harus disimpan khusus tempat sayuran, bisa bertahan hingga 3 hari," kata dia.

Buah-buahan

Mengandung Air yang Tinggi, 5 Jenis Buah Ini Cocok Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Salah satu pilihan terbaik untuk menu berbuka puasa adalah buah-buahan segar yang mengandung banyak air. Nah, berikut adalah beberapa buah yang cocok untuk berbuka puasa:

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024