Rusak Fungsi Sel Darah, Sebab Leukimia Renggut Nyawa Rishi Kapoor

Rishi Kapoor.
Sumber :
  • India TV

VIVA – Bollywood kembali berduka. Kali ini, aktor senior Rishi Kapoor dikabarkan meninggal dunia usai berjuang melawan kanker darah atau leukimia yang menimpanya.

Kim Seon Ho Diam-diam Sumbang Rp598 Juta untuk Yayasan Leukimia

Aktor senior ini meninggal di usia 67 tahun. Pihak keluarga mengonfirmasi kepergian Rishi Kapoor yang sudah berjuang melawan leukimia selama dua tahun ini.

"Dokter dan staf medis di rumah sakit mengatakan, dia tetap menghibur mereka sampai akhir. Dia tetap periang dan bertekad untuk hidup sepenuhnya selama dua tahun perawatan di dua benua. Keluarga, teman-teman, makanan, dan film tetap menjadi fokusnya dan semua orang yang bertemu dengannya selama waktu ini kagum pada bagaimana dia tidak membiarkan penyakitnya lebih baik darinya," kata perwakilan keluarga Rishi Kapoor, mengutip BBC.

Choi Sung Won Pastikan Tampil di Drama Terbaru Usai Perawatan Leukimia

Secara umum, kanker darah merujuk pada tipe kanker yang mengganggu produksi dan fungsi sel darah. Pada banyak kasus, sel kanker tumbuh tidak terkontrol sehingga mengganggu pembentukan sel darah sehat.

"Akibatnya, sel darah tidak bisa menjalankan fungsinya, seperti mencegah infeksi atau pendarahan," ujar Konsultan Senior Hematologi di PCC, dr. Lim Ziyi, beberapa waktu lalu.

Bahaya Asap Rokok pada Ibu Hamil, Bayi Lahir Idap Leukimia

Leukimia merupakan salah satu jenis kanker darah yang sering menimpa anak-anak. Sel kanker leukimia ini banyak menyerang sel darah putih di dalam tubuh anak.

"Leukimia sering diderita pada anak-anak dan jarang terjadi pada orang dewasa. Sel kankernya mengganggu fungsi sel darah putih, akibatnya pertumbuhan sel darah putih abnormal menjadi begitu cepat," kata dia.

Sementara, jenis kanker darah yang paling sering menimpa orang dewasa, ada dua jenis yaitu limfoma dan myeloma. Limfoma memengaruhi kerja kelenjar getah bening dan sistem limfatik, di mana keduanya berfungsi untuk memproduksi sel imunitas dan mengurangi kelebihan cairan.

"Kalau myeloma, memengaruhi sumsum tulang dan dapat tumbuh di berbagai bagian tubuh yang memiliki sumsum tulang seperti tulang panggul dan tulang belakang," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya