Mencuci dan Merendam Mainan Si Kecil Ampuh Tangkal Virus?

Ilustrasi anak bermain
Sumber :
  • Pixabay/rbalouria

VIVA – Virus corona jenis baru atau COVID-19 telah menjadi pandemi yang memberikan kekhawatiran bagi masyarakat, khususnya ibu yang mempunyai bayi dan anak balita. Mereka merupakan objek yang rentan terkena virus dan bakteri, karena sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Selain rajin mencuci tangan, kebersihan barang-barang yang menyentuh mulut bayi, seperti dot, botol, teether dan mainan juga harus diperhatikan, sebab bisa menjadi sumber bakteri dan jamur yang dapat membahayakan kesehatan dan pencernaannya.

Penting juga mencuci buah dan sayur untuk menghilangkan zat kimia yang menempel. 

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

“Selain mengganggu pencernaan, benda yang menyentuh mulut bayi dapat memudahkan jamur tumbuh di rongga mulut, sehingga menyebabkan gejala sariawan," ujar Ketua IDAI Jaya, Prof. DR. dr. Rini Sekartini, Sp.A(K), dalam siaran pers Baby Huki, Sabtu 2 Mei 2020.

Untuk membersihkan buah, sayur, botol, dot dan perlengkapan bayi, bisa menggunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk keamanan bayi, karena sabun biasa mengandung bahan-bahan kimia yang berisiko membahayakan kesehatan bayi.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

"Untuk itu sebaiknya dot, botol, perlengkapan makanan bayi maupun mainan harus segera dibersihkan agar virus dan jamur tidak menempel. Disarankan mencuci buah, sayur, peralatan dan mainan bayi dengan sabun dan air yang mengalir. Jangan hanya merendamnya,” paparnya.

Pilihan terbaik untuk cairan pembersih dot, botol, perlengkapan, mainan, bahkan buah dan sayur dengan syarat telah bersertifikasi halal, food grade, paraben free dan teruji klinis antibakteri.

Terlebih, pilih cairan pembersih yang dapat digunakan untuk membersihkan barang belanjaan dari supermarket atau pasar yang telah dipegang banyak orang, agar bebas dari virus dan bakteri yang menempel.

Business Unit Director Baby HUKI, Franciska P Julia juga mengatakan, dalam situasi pandemi saat ini, ibu harus ekstra hati-hati. Virus dan bakteri bisa muncul di mana-mana, di sekitar kita. Bahkan bisa muncul di makanan, perlengkapan dan mainan si kecil sehari-hari.

“Maka penting sekali untuk mencuci segala sesuatu yang akan dimakan dan dipakai si kecil, termasuk sayur, buahnya, botol susunya, dot, empeng, alat makan, juga mainan,” ucapnya.

Prof. Rini menambahkan bahwa untuk membersihkan peralatan bayi, sabun merupakan salah satu yang penting diperhatikan kandungannya. Secara umum sabun mengandung zat aktif yang dapat membersihkan segala macam kotoran yang melekat di peralatan bayi.

Sabun yang mengandung antibakteri sangat tepat digunakan untuk membersihkan peralatan bayi termasuk mencuci sayur dan buah yang dikonsumsi bayi, sehingga mencegah diare yang salah satunya disebabkan oleh bakteri E. Coli atau S. Aureus.

Ia juga mengatakan, menerapkan perilaku hidup sehat sebaiknya dimulai sejak dini. Seperti mengajak si lecil berolahraga sambil berjemur matahari, serta memberikan buah dan makanan bergizi seperti bayam, tomat, brokoli, daging serta telur agar sistem imun tubuh terbentuk.

“Jangan lupa untuk mencuci buah dan sayur dengan sabun dan air mengalir untuk menghilangkan virus dan bakteri agar si kecil tetap terlindungi,” tutup Franciska.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya