Konsumsi Jeruk Saat Buka dan Sahur Bisa Bantu Cegah Virus Corona

Ilustrasi buah jeruk
Sumber :
  • Pexels/Breakingpic

VIVA – Mengonsumsi buah-buahan diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan. Buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Khusus buah-buahan citrus seperti jeruk, buah ini kaya akan vitamin C sehingga baik untuk menjaga imunitas. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Hal ini turut dibenarkan oleh Spesialis Gizi Klinik, dr. Louise Kartika Indah, SpGK. Melalui tayangan Hidup Sehat di tvOne, dokter Louise menjelaskan lebih jauh mengenai kemampuan buah jeruk yang bisa menjaga imunitas tubuh. 

"Vitamin C di dalam jeruk termasuk tinggi dan juga ada antioksidan lain. Propertinya karoten, kemudian likopen sedikit, itu bagus sekali untuk menjadi antioksidan dan juga menjaga imunitas tubuh kita," ujarnya di studio tvOne, Selasa 5 Mei 2020. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Lebih dari itu, mitos yang berkembang di masyarakat menyatakan bahwa mengonsumsi buah jeruk saat berbuka dan sahur dapat mencegah terpapar virus corona atau COVID-19. Kira-kira, itu fakta atau mitos ya? 

"Fakta. Tapi tidak spesifik untuk penyakit corona. Buah jeruk sangat baik untuk menjaga imunitas tubuh kita. Jadi tinggi antioksidan, tinggi vitamin C dan juga properti lainnya, sehingga dapat menjaga imunitas tubuh kita sehingga tidak mudah terpapar atau terinfeksi pada umumnya," lanjut dia. 

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Louise menegaskan, fungsi jeruk di sini bukan sebagai antivirus melainkan dapat menunjang imunitas tubuh, sehingga kita tidak mudah terjangkit virus. Dia juga turut menjelaskan dosis harian untuk mengonsumsi buah ini. 

"Untuk vitamin C sekitar 50-100 mg per hari. Jadi untuk buah jeruk bisa 3 atau 4 dalam sehari, tapi sebaiknya dikombinasikan dengan buah-buah lainnya," kata dia. 

Jika kamu memiliki masalah lambung, sebaiknya konsumsi air putih terlebih dahulu saat berbuka puasa. Kemudian, bisa dilanjutkan dengan mengonsumsi makanan ringan seperti kurma atau yang lainnya. Setelah itu, baru boleh mengonsumsi buah jeruk. 

"Tapi kalo yang tidak bermasalah dengan lambungnya bisa langsung (konsumsi buah jeruk)," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya