Manfaat VCO yang Wajib Diketahui, Salah Satunya Menangkal Virus

Ilustrasi Minyak kelapa Murni
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) memiliki 1001 manfaat. Bahkan kandungan asam laurat yang ada di dalam VCO dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal virus. 

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

"Memang VCO dapat meningkatkan imun dan menangkal virus, itu fakta. Tetapi untuk spesifik virus corona, itu adalah mitos," kata dr. Samuel Oetoro, SpGK dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Rabu 6 Mei 2020.

Ia menjelaskan, sebagai asupan harian, minyak kelapa murni dapat diminum dengan takaran 15 cc per hari. Minyak kelapa murni juga dapat diminum kapan saja baik pagi hari atau siang serta dapat diminum sebelum ataupun sesudah makan. 

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

Selain itu, dokter Oetoro juga menyebutkan bahwa minyak kelapa murni dapat dikonsumsi oleh penderita kolesterol.

"Minyak kelapa murni boleh diminum oleh penderita kolesterol. Karena minyak kelapa murni atau VCO dapat menaikkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat," ujarnya.

Cegah Pengapuran, 4 Makanan Ini Bisa Bikin Tulang Kuat dan Sehat

Menurut dokter Oetoro, VCO sangat baik dikonsumsi oleh penderita COVID-19 ataupun penderita DBD.

"Karena sifatnya yang sebagai penyedia energi, jadi VCO dapat meningkatkan energi bagi para penderita COVID-19 dan juga penderita DBD," tuturnya.

Karena dapat menambah energi, minyak kelapa murni sangat baik dikonsumsi di bulan Ramadhan.

Dokter Oetoro mengatakan VCO dapat dikonsumsi saat sahur dan berbuka dengan takaran satu sendok makan, dapat meningkatkan energi saat menjalankan ibadah puasa. Mengonsumsi VCO saat berbuka puasa dan sahur juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Sementra bagi Anda yang takut gemuk karena kandungan kalori di VCO, dokter Oetoro menegaskan meskipun memiliki kalori tinggi, VCO tidak membuat gemuk asal tidak dikonsumsi berlebihan.

Laporan: Dion Yudhantama

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya