5 Kondisi Kulit Terkait COVID-19 yang Harus Diwaspadai

Ilustrasi tangan
Ilustrasi tangan
Sumber :
  • Pixabay/unclelkt

VIVA – Karena virus corona atau COVID-19 adalah penyakit baru, para ilmuwan masih mencari tahu lebih banyak banyak mengenai virus yang berasal dari China ini. 

Penelitian terbaru kini telah menemukan bahwa kondisi kulit tertentu terkait dengan virus corona. Menurut penelitian, lima kondisi kulit telah diindentifikasi oleh dokter kulit yang terkait dengan COVID-19. 

Dilansir Daily Star, penelitian ini dilakukan pada 375 pasien di Spanyol oleh Spanish Academy of Dermatology. Para ahli dermatologi diminta untuk membantu mengidentifikasi pasien yang memiliki 'erupsi' kulit yang tidak dapat dijelaskan dalam 2 minggu terakhir yang dicurigai atau dikonfirmasi sebagai virus corona. 

Hasil studi yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology, menyimpulkan dalam beberapa kasus sangat sulit mengetahui apakah kondisi tersebut secara langsung disebabkan oleh virus corona atau menunjukkan komplikasi. Namun, para peneliti telah memperingatkan diagnosis sendiri COVID-19 berdasarkan gejala kulit. 

Gejala mirip chilblain

Gejala seperti chilblain digambarkan sebagai daerah acral dari eritema-edema dengan beberapa vesikel atau pustula. Dalam penelitian ini, 19 persen kasus melibatkan lesi yang muncul di tangan dan kaki. Ciri-cirinya seperti muncul bintik-bintik merah atau ungu yang disebabkan oleh perdarahan di bawah kulit. 

Erupsi vesikular