Konsumsi Bawang Putih Mentah Ampuh Tingkatkan Imunitas

Bawang putih tunggal
Sumber :
  • Pixabay/Rita E

VIVA – Saat pandemi virus corona atau COVID-19 seperti sekarang ini, menjaga imunitas sangat penting agar tidak mudah tertular. Dan sejak dulu, bawang putih telah dikenal karena khasiat obatnya, bahkan rempah ini telah menjadi salah satu bahan aktif yang digunakan dalam banyak pengobatan tradisional.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dalam buku-buku Ayurveda, disebutkan bahwa bawang putih mampu meningkatkan imunitas. Di tengah-tengah ketakutan virus corona dan kebutuhan untuk membangun kekebalan tubuh yang kuat, menambahkan bawang putih ke dalam menu harianmu bisa menjadi ide yang bagus.

Baca juga: 5 Laboratorium BPOM Siap Percepat Pengujian Spesimen COVID-19

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Dalam sejarah kuno, bawang putih hanya digunakan sebagai obat dan secara bertahap diperkenalkan sebagai bumbu masakan. Bawang putih merupakan sumber yang kaya akan vitamin dan mineral seperti B1, B2, B3, B6, folat, magnesium, fosfor, natrium, seng, zat besi, mangan, kalsium, dan lainnya.

Kandungan yang membuat bawang putih sebagai penambah kekebalan tubuh adalah allicin, yang membantu dalam memerangi beberapa penyakit. Faktanya, kandungan nutrisi dan antioksidan menjadikan bawang putih sebagai bumbu yang ajaib yang telah digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, seperti cacar, penyakit jantung, flu, infeksi, dan lain-lain. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

"Bahan utama bawang putih yang mampu melawan kuman adalah allicin dan cara terbaik untuk menggunakan bawang putih sebagai penguat kekebalan tubuh adalah dengan memakannya dalam keadaan mentah," ujar Meghna Krishna, Clinical Nutritionist, dikutip Times of India, Jumat 22 Mei 2020. 

Mengunyah bawang putih dapat melepaskan allicin di mulut yang kemudian diserap oleh tubuh kita. Ketika dikonsumsi dalam bentuk pil atau makanan, efektivitasnya tidak sama, karena langsung masuk ke perut dan senyawa aktif allicin dinonaktifkan oleh sifat asam dari enzim di dalam perut. 

Jadi, jika ingin memanfaatkan bawang putih untuk meningkatkan imunitas adalah dengan mengonsumsi 2-3 siung bawang putih mentah sehari atau memotongnya dan tambahkan ke dalam sup, salad, dan lain-lain. Namun, lebih baik dikunyah dalam keadaan mentah untuk mendapatkan manfaat maksimal. 

Selain dapat meningkatkan imunitas, bawang putih juga baik untuk menjaga kesehatan jantung, membersihkan darah, mengandung sifat antibakteri, serta menjaga berat badan dan gula darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya