Studi: Stres di Tempat Kerja Dapat Sebabkan Depresi Hingga Kematian

Stres di tempat kerja
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Banyak penelitian di seluruh dunia yang menyoroti risiko kesehatan yang ditimbulkan oleh stres di tempat kerja. Kebanyakan ahli sepakat bahwa lingkungan kerja yang penuh tekanan dan tidak dibatasi sangat merugikan kesehatan mental seseorang. Stres bahkan dapat menyebabkan penyakit psikologis serius seperti depresi dan kecemasan. 

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Indiana di AS telah membuat pengamatan yang mengejutkan dan pasti akan menarik perhatian semua orang

Berdasarkan laporan penelitian, kombinasi dari tiga faktor, stres yang dikombinasikan dengan lebih sedikit kendali atas pekerjaan mereka dan kemampuan kognitif yang lebih rendah di tempat kerja dapat menyebabkan kemunduran kesehatan mental yang serius, meningkatkan kemungkinan depresi dan bahkan kematian.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

"Kami menemukan bahwa stresor kerja mungkin menyebabkan depresi dan kematian sebagai akibat dari pekerjaan, di mana para pekerja memiliki sedikit kontrol atau untuk orang-orang dengan kemampuan kognitif yang lebih rendah," kata penulis utama studi tersebut Erik Gonzalez-Mule dari Universitas Indiana di AS dilansir dari Times of India

Ia menambahkan, "Ketika tuntutan pekerjaan lebih besar dari kontrol yang diberikan oleh pekerjaan atau kemampuan individu untuk menangani tuntutan itu, ada penurunan kesehatan mental mereka dan, dengan demikian, peningkatan kemungkinan kematian."  Studi ini dipublikasikan dalam Journal of Applied Psychology. 

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Studi ini telah membangun hubungan yang kuat antara depresi dan kematian seseorang sehubungan dengan 'otonomi' yang dinikmati seseorang di tempat kerja, tuntutan pekerjaan dan kemampuan kognitifnya untuk menangani tuntutan-tuntutan penuh tekanan itu.

Para peneliti tiba pada kesimpulan yang mengejutkan ini, setelah mempelajari data yang dikumpulkan dari 3.148 peserta yang merupakan penduduk Wisconsin, AS. Sayangnya, selama studi yang berlangsung 20 tahun, 211 orang yang ikut serta telah meninggal.

Namun para peneliti menemukan bahwa ketika seorang karyawan memiliki kontrol lebih besar atas tanggung jawabnya di tempat kerja, bekerja di bawah tekanan menghasilkan hasil dan kesehatan yang lebih baik, tidak seperti rekan-rekan mereka yang kurang menikmati kebebasan dan kemampuan kognitif.

Mengomentari situasi pandemi saat ini di mana orang bekerja di bawah banyak tekanan, Gonzalez-Mule berkata, "COVID-19 mungkin menyebabkan lebih banyak masalah kesehatan mental, jadi sangat penting bahwa pekerjaan tidak memperburuk masalah-masalah itu.”

Ia menambahkan, hal ini termasuk mengelola dan mungkin mengurangi tuntutan karyawan, menyadari kemampuan kognitif karyawan untuk menangani tuntutan dan memberikan otonomi kepada karyawan bahkan lebih penting daripada sebelum pandemi dimulai. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya