Kemenkes Tekankan Peran Keluarga di Era New Normal COVID-19

Ilustrasi ibu dan anak.
Sumber :
  • Shimajiro.id

VIVA – Indonesia akan menghadapi era New Normal atau tatanan hidup baru. Era ini berarti masyarakat yang hidup di tengah pandemi Covid-19 dengan mengedepankan upaya pencegahan dan tetap produktif.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Juru bicara  pemerintah untuk COVID-19 dr. Achmad Yurianto mengatakan New Normal adalah upaya untuk tetap produktif di masa pandemi Covid-19. Namun, diakuinya, membiasakan pola hidup baru itu tidak mudah, perlu dimulai dari lingkup terkecil seperti keluarga. Yuri menuturkan, keluarga memiliki peran penting dalam membiasakan cara hidup New Normal tersebut.  

“Kami ingatkan peran seluruh kepala keluarga untuk mengajarkan perubahan ini kepada seluruh anggota keluarganya. Bukan permasalahan sederhana namun dibutuhkan kesabaran dalam menghadapinya, cara ini akan menghentikan sebaran Covid-19,” katanya, dikutip dari siaran pers Kemenkes, Kamis 28 Mei 2020.

Pandemi COVID-19 bukan masalah sederhana. Menurut Yuri, masalah ini sangat kompleks dan akan melibatkan banyak hal dan menghabiskan banyak sumber daya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Kami minta kepada saudara-saudara mari putuskan permasalahan ini, kita jalani normal hidup yang baru. Kita mulai normal hidup yang baru berbasis pada kebiasaan pola hidup bersih dan sehat. Kita harus rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, minimal 20 detik,” ujarnya.

Sejalan dengan konsep kekeluargaan, kelompok anak-anak yang tinggal di panti asuhan juga perlu diberikan perhatian mendalam. Untuk itu, di tengah pandemi Covid-19, Cap Lang Kayu Putih melalui Tunjangan Hangat Ramadan (THR) pada 19 Mei 2020 memberikan sumbangan total 50 juta rupiah dalam bentuk paket sembako, uang tunai dan paket obat-obatan ke lima panti asuhan di Jabodetabek.

“Tunjangan Hangat Ramadan adalah salah satu bentuk kepedulian Cap Lang kepada masyarakat Indonesia, dan tahun ini THR kita berikan kepada anak-anak panti asuhan, dimana kita berharap mereka juga dapat menjalankan puasa dan merasakan kehangatan bulan Ramadan bersama keluarga mereka, yaitu keluarga panti asuhan.” kata Azis Chandra, Senior Brand Manager Cap Lang Kayu Putih.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024