3 Makanan Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat

Bawang Putih
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Masih dengan suasana Lebaran yang dipenuhi dengan beragam sajian yang lezat dan menggiurkan. Tapi, menu-menu yang cenderung tinggi lemak berisiko meningkatkan kolesterol jahat dan berbahaya bagi jantung.

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

Ragam masakan khas lebaran mulai dari opor ayam, gulai, hingga rendang sangat tinggi akan kolesterol dan lemak. Apalagi, makanan tersebut bisa dikonsumsi berhari-hari dengan masih berpatokan akan perayaan Lebaran.

Nah, asupan tersebut memicu kolesterol jahat meningkat dan berisiko pada bahaya kesehatan jantung serta pembuluh darah. Tentu saja, masalah di organ vital itu bisa berakibat fatal. Maka, disarankan untuk membatasi asupan tinggi lemak dan kolesterol jahat selama Lebaran.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Selain itu, imbangi dengan asupan serat dari buah dan sayur serta banyak berolahraga. Tak lupa, konsumsi jenis makanan tertentu juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, lho. Apa saja ya? Berikut paparannya oleh dokter spesialis gizi klinik, Dr. dr. Samuel Oetoro MS. SpGK., dalam acara Hidup Sehat di tvOne, Kamis 28 Mei 2020.

Bawang putih 

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Kandungan alisin di dalam bawang putih berfungsi sebagai antioksidan kuat. Antioksidan yang cukup di tubuh, baik untuk turunkan tekanan darah dan kolesterol.

"Baik dikonsumsi setiap hari. Tapi ini bukan sebagai pengobatan," paparnya.

Seledri

Konsumsi seledri dengan rutin bisa membuat tekanan darah dan kolesterol menurun. Namun, ini hanya terapi tambahan bagi pengidap hipertensi ringan. Bagi pengidap hipertensi kelas menengah dan berat, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu.

Pisang

Buah pisang memiliki kadar kalium yang baik untuk turunkan tekanan darah dan kolesterol. Disarankan konsumsi pisang yang tidak terlalu matang, yakni dengan warna tidak terlalu kuning dan tidak banyak bintik hitam agar kandungan gulanya masih terkontrol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya