Langkah yang Harus Diikuti Jika Ingin Berobat ke Rumah Sakit

Ilustrasi dokter/rumah sakit.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Memasuki bulan Juni 2020, pemerintah mulai melakukan pelonggaran terhadap program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Aktivitas harian yang sebelumnya ditekankan untuk dilakukan di rumah kini perlahan mulai kembali seperti sedia kala.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Pasar, mal, restoran, hingga perkantoran sudah kembali dibuka meski tetap dalam aturan menjaga jarak dan menerapkan pola hidup bersih. Lantas, bagaimana dengan rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya?

Rumah sakit dianggap sebagai area yang sangat besar risikonya terhadap penularan virus, terutama rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan COVID-19. Meski demikian, masih banyak pasien yang butuh mengunjungi rumah sakit, terutama pasien dengan penyakit yang harus ditangani oleh dokter spesialis.

Begini Penampakan Mengerikan Belut Besar yang Ditemukan Hidup di dalam Perut Seorang Pria

Baca juga: Hati-hati, Bicara Keras dan Berteriak Bisa Tularkan COVID-19

Tetap waspada dan menjaga keselamatan menjadi hal penting. Ketika harus ke rumah sakit, lakukanlah langkah-langkah pencegahan sebagai berikut seperti dilansir laman Times of India.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

- Cari tahu apakah rumah sakit yang akan dikunjungi merupakan rumah sakit yang menangani COVID-19 atau bukan, setelah itu Anda bisa melanjutkan prosesnya.
- Sebelum ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, berkonsultasilah dahulu secara online atau telepon dan konfirmasi janji Anda untuk menghindari adanya penundaan atau keterlambatan.
- Lakukan praktik kebersihan yang baik, perhatikan protokol dan jaga jarak, ini adalah kunci setiap mengunjungi tempat apapun termasuk rumah sakit.
- Meski rumah sakit selalu menjalankan sanitasi yang baik, masih ada peluang besar bagi Anda untuk terinfeksi dan penyakit lainnya yang disebabkan kuman.
- Cucilah tangan secara rutin, gunakan hand sanitizer kapanpun memungkinkan.
- Jika memungkinkan, lebih baik pilih konsultasi melalui alat komunikasi sebagai prioritas. Hindari mengunjungi rumah sakit kecuali atau jika kondisinya benar-benar sangat darurat.
- Wanita hamil, lansia, dan anak-anak, adalah kategori yang berisiko tinggi dan harus melakukan langkah pencegahan yang paling optimal.
- Yang terpenting, jangan jadikan COVID-19 sebagai alasan Anda membuat pertolongan medis sendiri, biarkan dokter yang menentukan apa yang terbaik bagi Anda.

Kebakaran besar melanda Toko frame atau bingkai di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel) Kamis 18 April 2024 malam.

Polisi Bakal Panggil Pemilik Toko Frame yang Terbakar di Mampang hingga Akibatkan 7 Orang Tewas

Identitas para korban kebakaran telah diketahui.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024