4 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Ternyata Gak Baik Buat Kesehatan

Mencuci tangan, cegah penyebaran corona
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Kamar mandi merupakan salah satu tempat paling kotor di rumah. Untuk itu, menjaga kebersihannya secara teratur sangatlah penting. Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, di mana kuman dan virus 'bertebaran' di mana-mana. 

Baru 3 Minggu Tinggal di Kontrakan, Pria 49 Tahun Ditemukan Tewas Membusuk di Kamar Mandi

Namun, terkadang kita tidak menyadari bahwa ada beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan yang ternyata bisa membuat kita mudah jatuh sakit. Kebiasaan apa saja yang dimaksud? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Times of India

Main ponsel sambil duduk di toilet

Viral WC dengan Desain Gemerlap Diskotik, Netizen: Jongkok Jedag Jedug!

Main ponsel sambil duduk di toilet adalah kebiasaan yang kotor. Kamar mandi kamu harus menjadi zona bebas handphone. Ada banyak kuman yang dapat mendarat di permukaan ponsel, dan akan menyebar ke luar kamar mandi. 

Tidak mencuci tangan dengan benar

Viral, Pasangan Menikah di Kamar Mandi Pom Bensin

Mencuci tangan dengan benar adalah cara yang paling efektif dan efisien untuk mencegah sakit dan menghilangkan kuman, serta virus di tangan. Mencuci tangan dengan tidak benar bisa membawa kuman keluar kamar mandi. 

Cuci tangan kamu dengan menggunakan sabun dan air mengalir minimal 20 detik untuk menghilangkan semua kuman. Jika kamu tidak dapat mengira-ngira, nyanyikan lagu Happy Birthday dua kali. Jangan lupa menggosok area bawah kuku, yang juga menampung banyak kuman. 

Melewatkan hand sanitizer

Jika kamu sedang berada di luar dan tidak dapat menemukan sabun, gunakan air untuk membersihkan tangan, kemudian lanjutkan dengan menggunakan hand sanitizer. Pembersih tangan instan ini dapat membantu menjaga tangan kamu terbebas dari kuman. 

Berbagi handuk untuk seluruh keluarga

Tisu kertas di toilet umum sebenarnya jauh lebih baik dalam mengendalikan penyebaran kuman dibanding handuk kain yang kamu gunakan di rumah. Tetapi karena menggunakan tisu tidak ramah lingkungan, gantilah handuk tanganmu sesering mungkin. Handuk tangan harus sering diganti, terutama jika ada anak kecil di rumah. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Mikrobiologi Terapan dan Lingkungan, pengering udara di toilet umum juga tidak higienis. Jadi, yang terbaik adalah menyimpan hand sanitizer di tasmu setiap saat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya