Sulit Tidur di Malam Hari? Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi susah tidur.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Setelah hari yang panjang dan melelahkan, berusaha menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan, tentu Anda ingin menikmati tidur nyenyak di malam hari. 

Ashanty Tertarik Coba Ruqyah untuk Atasi Susah Tidur

Tidur nyenyak selama 6-7 jam setiap malam tidak hanya diperlukan untuk kesehatan fisik kita tetapi juga penting untuk kesehatan mental.

Sekarang bayangkan ini - Anda sangat lelah dan entah bagaimana berhasil menyelesaikan semua tugas Anda sehingga akhirnya bisa mendapatkan kesulitan. Tetapi ketika masuk ke tempat tidur, Anda tidak bisa tidur sedikitpun.

Teringiang-Ngiang Warga Palestina, Ashanty Jadi Susah Tidur, Takut Kena Bom

Bisa saja Anda terjebak dalam situasi yang sama, lalu kenapa tidak mencoba menyesuaikan suhu kamar, mungkin akan terlihat bedanya, seperti dilansir Times of India berikut ini. 

Suhu ideal

7 Cara Atasi Gangguan Susah Tidur, Nomor 1 Hampir Dilanggar Semua Orang

Sesuai ilmu pengetahuan, suhu kamar tidur harus sekitar 19 derajat celcius untuk tidur yang optimal di malam hari. Suhu ini tidak terlalu panas atau terlalu dingin dan nyaman untuk tertidur.

Suhu kamar memengaruhi tidur 

Sebagian besar dari kita tidak menyadari hal ini, tetapi suhu kamar juga dapat mengganggu tidur manis kita di malam hari. Bagi sebagian orang, suhunya harus pas untuk menutup mata. Hal ini karena kita mulai dingin di malam hari, tepat sebelum waktunya tidur. 

Proses pendinginan berlanjut hingga mencapai titik terendah pada jam 5 pagi. Tubuh kita mendingin dengan melebarkan pembuluh darah yang ada di bawah kulit kita. Jika suhu kamar saat tidur terlalu panas atau terlalu dingin, itu berdampak pada suhu internal tubuh, mengganggu tidur kita. 

Jadi, ruangan yang dingin membantu tubuh kita untuk terbiasa dan tidur nyenyak sepanjang malam. Bayi mungkin membutuhkan suhu kamar yang sedikit lebih tinggi daripada orang dewasa. Tetapi mereka masih bisa mengelola jika mereka mengenakan pakaian lengkap.

Lalu apa yang bida dilakukan untuk tidur yang nyenyak?

Selain menyesuaikan suhu kamar, pastikan kamar Anda gelap dan sunyi. Kasur harus nyaman dan cobalah menggunakan seprai katun, terutama selama musim panas.

Bahkan setelah melakukan semua hal ini, jika Anda merasa sulit untuk tertidur, kenakan kaus kaki dan letakkan sebotol air hangat di dekat kaki. Jika Anda sulit untuk sering tertidur atau bangun setelah dua-tiga jam, maka cobalah beberapa pengobatan rumahan atau konsultasikan dengan dokter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya