Haruskah Tahan Napas Saat Bertemu Orang untuk Cegah COVID-19?

Virus corona COVID-19
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Jumlah pasien positif virus corona atau COVID-19 terus meningkat dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia. Orang-orang dengan sungguh-sungguh mencari cara baru untuk menjaga diri mereka aman dari penularan virus yang telah menewaskan jutaan orang di dunia ini. 

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Meskipun para ilmuwan dan ahli medis bekerja siang dan malam untuk mempelajari lebih lanjut tentang COVID-19 dan mengembangkan obat untuk hal yang sama, namun vaksinasi yang sesuai untuk penggunaan manusia masih setidaknya 12 hingga 18 bulan lagi.

Saat ini kita telah bersiap memasuki bulan keenam tahun 2020, negara-negara di seluruh dunia mulai melonggarkan pembatasan lockdown dalam upaya untuk mengurangi dampak perlambatan ekonomi. 

5 Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Dipencet, Rajin Pakai Scrub

Orang-orang secara bertahap mulai kembali beraktivitas, namun kewaspadaan terhadap penularan virus masih menjadi ancaman, dan bagaimana kita harus menjaga diri kita aman.

Atau haruskah kita menahan napas ketika berdekatan dengan orang lain?

Jamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Diimbau Gunakan Masker selama Bulan Ramadhan, Ada Apa?

Meskipun sebagian besar menghindari gerakan yang tidak perlu di luar, kita masih perlu melangkah keluar untuk mendapatkan barang-barang penting dan kunjungan rumah sakit darurat.

Oleh karena itu, tidak jarang orang terpaksa saling berdekatan dalam upaya untuk segera menyelesaikan pekerjaan mereka dan keluar dari tempat itu.

Jika Anda seperti kebanyakan orang, mungkin secara naluriah menahan napas ketika seseorang mendekati Anda, untuk menjauhkan patogen.  Namun, apakah ini membantu? DIlansir dari Times of India, berikut ini yang bisa Anda lakukan. 

Hal pertama yang pertama, jika Anda berada di lingkungan publik dengan banyak orang di sekitar, sangat disarankan untuk memakai penutup wajah atau masker dan pastikan untuk berlatih menjaga jarak sosial.

Para ahli percaya bahwa jika seseorang berjalan sebentar oleh Anda, Anda tidak akan tertular virus. Jadi, kecuali, mereka batuk dan bersin tepat di wajah Anda, menahan napas mungkin tidak  diperlukan.

Jaga jarak

Jadi, sementara Anda bisa menahan napas saat seseorang bernapas tepat di depan wajah Anda atau berbicara sangat dekat dengan Anda (yang sebaiknya dihindari), itu mungkin tidak diperlukan ketika seseorang baru saja melewati Anda.

Ini menegaskan kembali pentingnya menjaga jarak setidaknya enam kaki ketika Anda berada di depan umum, mengenakan penutup wajah, tidak menyentuh wajah Anda dan mencuci tangan sesering mungkin. Ingatlah bahwa sambil menahan napas mungkin sedikit menguntungkan, itu tentu bukan pengganti untuk mengenakan masker wajah, terutama ketika Anda berada di tempat umum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya