Temuan Mengejutkan, 1,7 Juta Virus Ancam Dunia Usai Corona

Corona Earth.
Sumber :

VIVA – Sebuah temuan mengejutkan baru saja diumumkan ilmuwan terkemuka dunia. Disebutkan bahwa setelah pandemi Virus Corona atau COVID-19, ada 1,7 juta virus lainnya yang mengancam kesehatan umat manusia.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Ilmuwan bernama Dr Peter Daszak menuturkan, 1,7 juta virus itu ditemukan pada hewan dan berpotensi menular ke manusia di masa yang akan datang.

"Kami menganalisis jumlah virus tidak dikenal yang dapat muncul di masa depan dan kami memperkirakan ada sekitar 1,7 juta di antaranya, dari jenis yang dapat menginfeksi orang," kata Dazak kepada Sky News seperti dikutip VIVA.co.id, Rabu 4 Juni 2020.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Karena itulah, pria yang menjabat Presiden EcoHealth Alliance itu memperingatkan agar virus itu harus segera dipelajari untuk menghentikan wabahnya.

"Ini ancaman masa depan yang sangat signifikan. Kami hanya tahu beberapa ribu virus sehingga sebagian besar menunggu untuk muncul di masa depan," kata Dia.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Seperti halnya Virus  Corona yang diyakini ditularkan dari kelelawar ke Manusia. Studi orang yang tinggal di dekat gua kelelawar di Asia telah menunjukkan bahwa virus lain juga telah menginfeksi manusia tetapi tidak berevolusi untuk menyebar lebih jauh.

Dr Daszak mengatakan segala upaya sekarang harus dilakukan untuk mengungkap kode genetik virus yang hidup pada hewan.

"Kami memperkirakan Anda bisa melakukannya dalam jangka waktu 10 tahun. Anda kemudian dapat mengembangkan obat-obatan dan vaksin. Anda juga akan mencari tahu di mana mereka berada, dan itu membantu masyarakat setempat yang hidup di garis depan penyakit ini untuk mengubah perilaku yang menempatkan mereka dalam risiko," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya