Mulai Ngantor saat New Normal? Perhatikan Ini Agar Tak Tertular Corona

Ilustrasi bekerja.
Sumber :
  • Pixabay/hamonazaryan1

VIVA – Memasuki fase hidup normal baru atau new normal di tengan pandemi virus corona, berarti orang-orang yang berusia di bawah 45 tahun diperbolehkan untuk beraktivitas kembali di luar rumah, termasuk pergi ke kantor. 

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Dengan diperbolehkannya ke luar rumah, bukan berarti kita bisa bebas seperti sebelum adanya pandemi COVID-19. Kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan agar bisa 'berdamai' dengan virus ini. 

Menurut Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan, Dr. dr. Erlina Burhan, Sp.P, untuk mencegah penularan COVID-19, ada beberapa hal yang harus kamu terapkan selama berada di kantor. Apa saja? 

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

"Pastikan tempat kerja bersih serta berventilasi baik. Selain itu, seluruh pekerja juga wajib menggunakan masker. Dan ingat, tetap menerapkan etika batuk dan bersin," ujarnya saat webinar ASTHIN tentang Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Alami Selama Pandemi COVID-19 dengan Antioksidan, Rabu, 3 Juni 2020. 

Erlina juga menyebut, baik staf atau pihak perusahaan harus menyediakan hand sanitizer, tempat cuci tangan dan juga yang tak kalah penting adalah masker. 

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

"Kurangi juga menyentuh peralatan bersama dan rajin mencuci tangan. Menjaga jarak antar pekerja minimal 1 meter," tegas Erlina. 

Lebih jauh, Erlina menjelaskan, pihak perusahaan juga harus memberikan edukasi tentang tanda atau gejala serta higienitas respirasi kepada seluruh pekerja. "Jika sakit, bekerja dari rumah dan segera ke Fasilitas Kesehatan bila gejala memberat," kata dia. 

Selain saat di kantor, Erlina turut menjelaskan tindakan pencegahan setelah bepergian keluar rumah. Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah, membuka alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah. Apakah itu saja sudah cukup? 

"Belum. Lakukan juga penyemprotan disinfektan pada alat yang dipakai, seperti ponsel, laptop, pakaian dan alas kaki, serta buang sampah atau peralatan yang tidak digunakan lagi," tuturnya. 

Terakhir, jangan menyentuh apa pun di dalam rumah sebelum mencuci tangan. Lepaskan juga pakaian dan masukkan ke tempat cucian yang tertutup. Setelah itu, segera mandi sebelum beraktivitas di dalam rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya