Sehat Enggak Mahal, Trik Sarapan Enak dan Hemat

Ilustrasi sarapan
Sumber :
  • Pixabay/Jill Wellington

VIVA – Jenis-jenis menu sarapan di Indonesia sangat beragam mulai dari nasi uduk, bubur ayam, hingga lontong sayur. Meski harganya murah, asupan tersebut tak bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Konsumsi 2 Putih Telur Setiap Pagi, Hal Menakjubkan Ini Akan Terjadi pada Tubuh

Kebanyakan, menu sarapan di Indonesia kaya akan karbohidrat. Di mana hal tersebut dapat membuat rasa lapar rentan menyerang lebih cepat sebelum waktu makan siang tiba. Bukan hanya itu, sarapan harus tinggi protein agar energi untuk beraktivitas lebih tahan lama.

"Sarapan tinggi protein membuat kenyang lebih lama. Paling bagus putih telur. Boleh pilih Ikan ayam dan susu, tapi mungkin harganya lebih mahal," ujar dokter spesialis gizi klinis, Dr dr Samuel Oetoro SpGK, dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Rabu 3 Juni 2020.

Catat, 6 Kebiasaan Buruk di Pagi Hari Ini Mempersingkat Usia Harapan Hidup

Jika bagi sebagian orang, telur termasuk mahal, bisa diganti dengan tempe dan tahu sebagai sumber protein nabati. Dokter Sam menjelaskan, ada perbedaan kandungan antara keduanya yang mana protein hewani di telur lebih baik bagi tubuh. Namun, pilihan protein nabati tersebut tetap memberi manfaat baik bagi tubuh dan tentunya bisa didapat dengan harga terjangkau.

"Tahu dan tempe itu pilihan protein nabati berasal dari kacang kedelai. Kacang kedelai itu the best karena kandungan asam aminonya lengkap walau kualitasnya kalah dengan protein hewani," ujarnya.

Komposisi Sarapan Sehat Agar Tak Gampang Ngantuk, hingga 5 Kota Larang Pakai Bikini

Susu kedelai langsung tanpa diolah juga dapat dikonsumsi saat sarapan. Ini bisa menjadi pengganti jenis susu low fat yang harganya tergolong mahal. Sementara susu sapi murni, meski harganya terjangkau, kandungan lemaknya sangat tinggi.

"Susu kedelai murah dan bagus. Itu sumber protein nabati dengan kualitas bagus, asam aminonya cukup lengkap. Ini pilihan kalau ingin langsing dan hemat," katanya.

Dianjurkan untuk mengonsumsi susu kedelai dalam batas wajar. Sebab, asupan berlebih dapat memicu peningkatan asam urat.

Terakhir, dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan serat dari beragam jenis sayuran. Terlebih, harga sayuran di Indonesia cukup murah sehingga bisa hemat di kantong.

"Bangun tidur langsung minum segelas air putih lalu sarapan dengan gizi seimbang khususnya tinggi protein dan serat biar kenyang lebih lama," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya