Corona Masih Mengintai, Ini 4 Tips Jaga Stamina Tubuh saat New Normal

Mural Lawan Virus Corona.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA – Pemerintah akan mengumumkan nasib penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta hari ini, Kamis 4 Juni 2020. Jika masa PSBB berakhir, kita bersiap untuk memasuki fase hidup normal baru atau new normal. 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

New normal merupakan fase hidup normal baru, di mana kita tetap bisa beraktivitas seperti biasa namun dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan agar terhindar dari Virus Corona atau COVID-19. 

Setelah new normal, kemudian lahirlah new habit atau kebiasaan baru yang terbangun, seperti memakai masker di tempat umum, sering mencuci tangan, hingga menghindari kerumunan dan menjaga jarak. 

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Kini, masyarakat sadar betul untuk ekstra menjaga kebersihan dan kesehatan. Karena menjaga daya tahan tubuh sangat penting di masa pandemi ini. Lalu, bagaimana cara menjaga stamina di era new normal ini? 

Berikut empat tips menjaga stamina tubuh di fase new normal:

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Olahraga
Melakukan aktivitas olahraga diyakini mampu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga seseorang tidak mudah terserang penyakit. Tetapi, aktivitas fisik tersebut harus dilakukan dengan tepat untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Menurut penelitian, olahraga yang dilakukan secara berlebihan dengan intensitas yang tinggi malah bisa menurunkan imunitas tubuh seseorang dan hal tersebut membuatnya rentan terserang penyakit. Untuk itu, olahraga sebaiknya dilakukan dengan intensitas yang sedang atau tidak berlebihan.

Tidak stres
Faktanya, stres justru bisa menurunkan daya tahan tubuh seseorang. Sehingga, dengan adanya COVID-19, sebaiknya kita tidak mudah percaya dengan informasi yang tersebar, terutama media sosial yang kerap menyebarkan berita hoax. Hal tersebut malah membuat kita khawatir berlebihan dan menjadi stres.

Kemudian jangan lupa istirahat. Bekerja terlalu keras hanya akan membuat pikiran menjadi stres. Ketika stres tiba, daya tahan tubuh pun menurun, dan virus mudah menyerang tubuh. Cobalah untuk tetap happy di tengah situasi pandemi ini.

Konsumsi asupan sehat untuk tubuh
Konsumsi karbohidrat moderat, beberapa produk susu, protein, sayur dan buah-buahan untuk asupan vitamin C yang cukup. Tahukah kamu, konsumsi makanan bergizi akan berdampak baik pada tingkat energi dan produktivitas kita. Untuk itu, kamu harus pintar memilih makanan yang baik untuk tubuh. Misalnya, lebih memilih makanan rumah dibanding makanan cepat saji yang dibeli di luar. 

Kemudian, memilih minuman yang double benefit karena kandungan rempah-rempahnya. Misalnya minuman yang mengandung jahe merah yang memiliki kandungan curcumin yang berguna untuk antivirus corona. Selain itu, minuman yang mengandung jahe merah juga dapat meningkatkan produktivitas kegiatan sehari-hari. Kamu bisa mengonsumsinya sebelum beraktivitas, atau jika lupa bisa langsung konsumsi saat beraktivitas di luar rumah. 

Selalu membawa kit anti  corona
Jangan lupa untuk selalu membawa kit anti corona yang mudah dimasukkan ke dalam tas. Yaitu kit berisi benda-benda yang setidaknya bisa meminimalisir penularan COVID-19, seperti masker, hand sanitizer, sabun antiseptik, dan tisu basah. Benda-benda tersebut bisa langsung digunakan saat diperlukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya