Sering Dikonsumsi, 4 Makanan dan Minuman Ini Bisa 'Melukai' Imunitas

Ilustrasi fast food/makanan cepat saji.
Sumber :
  • Pixabay/Fotorech

VIVA – Ketika pandemi virus corona atau COVID-19 terus mendatangkan malapetaka di seluruh dunia, menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Bahaya Dibalik Segarnya Sop Buah, Hati-Hati Diabetes dan Obesitas Mengintai

Meskipun para ahli dan ilmuwan terus mencari tahu tentang virus yang berasal dari China ini setiap hari, mempersiapkan tubuh untuk melawan patogen ini harus menjadi prioritas utama. Salah satu cara terbaik untuk menjaga imunitas adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi.

Salah mengonsumsi atau tidak berhati-hati dalam memilih makanan, bisa membahayakan dan menurunkan imunitas tubuh. Berikut daftar makanan dan minuman yang harus dihindari karena dapat 'melukai' imunitas, seperti dilansir dari Times of India.

Pencernaan Lancar, Rahasia Penampilan Terkini Ruben Onsu

Soda dan minuman berkarbonasi lainnya

Minuman ini sarat dengan kalori yang tidak perlu, bahkan meskipun produk ini mengklaim 100 persen jus buah asli. Minuman-minuman ini tidak mengandung serat, sehingga kamu tidak benar-benar merasa kenyang setelah mengonsumsinya dan sulit untuk mengontrol porsinya.

Resep Soto Ayam Kuah Kuning, Hidangan Hangat dan Lezat untuk Buka Puasa

Ilustrasi konsumsi soda.

Tidak hanya nol kalori, minuman ini juga bisa menyebabkan kenaikan berat berat badan dan obesitas. Beberapa laporan bahkan telah mengaitkan obesitas dengan sistem kekebalan yang lemah. Jadi, sangat disarankan untuk mengontrol asupan soda dan minuman manis lainnya.

Kopi dan minuman kafein lainnya

Buat kamu yang tidak bisa melewatkan hari tanpa secangkir kopi, ada kabar mengejutkan buat kamu. Mengonsumsi 1 - 2 cangkir kopi memang tidak membahayakan, namun terlalu banyak minum kafein dapat mendatangkan malapetaka pada sistem kekebalan tubuh.

Minum Kopi

Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat melepaskan kortisol tinggi yang dapat mengubah respons sistem kekebalan.

Permen dan gula olahan lainnya

Mengonsumsi makanan manis yang sarat dengan gula, bisa mendatangkan masalah. Berbagai jenis permen, jeli dan permen karet yang mengandung tinggi gula, semuanya berkontribusi memperburuk peradangan. Saat inflamasi meningkat, sistem kekebalan tubuh menurun.

Ilustrasi permen atau makanan manis.

Jika kamu ingin mengonsumsi camilan manis, lebih baik konsumsi semangkuk buah segar sebagai gantinya.

Kentang goreng dan semua makanan yang digoreng

Pertama, makanan seperti kentang goreng atau sayap ayam, sarat dengan garam yang dapat menyebabkan retensi cairan dan tekanan darah tinggi. Di mana keduanya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Kedua, kandungan lemak jenuh dan lemak yang tinggi dalam produk makanan yang digoreng dapat berdampak buruk pada mikrobioma usus, yang juga berdampak pada kekebalan. Makanan-makanan tersebut juga dapat meningkatkan risiko diabetes dan masalah kardiovaskular.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya