Manfaat Baik Keju Bagi Tubuh, Cegah Osteoporosis hingga Perkuat Imun

Ilustrasi keju.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Keju menjadi makanan yang banyak disukai dan kini sering digunakan sebagai pelengkap hidangan. Keju selain enak juga bergizi dan menyehatkan.

Terpopuler: Waktu yang Tepat untuk Makan Malam, Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia

Tapi, tahukah kamu kalau tanggal 4 Juni adalah Hari Keju (Cheese Day)? Ya, Hari Keju adalah sebuah hari yang diperingati di Amerika Serikat. Sampai saat ini asal usul Hari Keju masih belum ditemui, namun bisa dikatakan kalau Hari Keju adalah hari yang istimewa untuk salah satu makanan tertua di dunia.

Menurut sejarah, diperkirakan bahwa keju pertama kali dibuat sekitar tahun 8000 SM (Sebelum Masehi) setelah adanya domestikasi hewan. Arkeolog telah menemukan bahwa keju tersedia di beberapa tempat dan periode sejarah yang berbeda: Polandia di tahun 5500 SM; Mesir di tahun 2000 SM; dan Cina lebih dari 3000 tahun lalu.

Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia, Sekali Makan Bikin Muntah Hingga Diare Berdarah

Beberapa ahli sejarah mengatakan bahwa keju awalnya terbuat dengan tidak sengaja saat para gembala sapi menyimpan susu di dalam perut hewan. Enzim di perut hewan membuat susu menjadi kental dan terpisah menjadi dadih dan whey. Hingga saat ini, pembuatan keju telah berkembang dengan sangat pesat, dan sekarang terdapat sekitar 1.400 macam keju di dunia. Berapa macam keju yang sudah kamu coba?

Tahukah kamu bahwa saat ini, terdapat dua macam keju yang dapat kita temukan yaitu keju segar dan keju olahan? Di antara kedua pilihan keju ini, yang paling baik untuk kita pilih adalah keju segar yang sepenuhnya terbuat dari susu sapi segar dan tidak menggunakan pewarna, bahan pengawet atau pun bahan kimia.

Resep Sederhana Kue Kastengel yang Harus Dipersiapkan Menjelang Lebaran

Sementara, keju olahan seringkali hanya menggunakan beberapa persen keju dan ditambah dengan pewarna, perasa dan bahan pengawet yang membuatnya tahan lebih lama. Telitilah kandungan dari keju untuk memastikan apa yang kamu konsumsi benar-benar terbuat dari bahan-bahan segar.

Keju segar, yang terbuat dari 100 persen susu sapi segar, tidak hanya lezat, tapi juga mengandung manfaat-manfaat susu untuk kesehatan tubuh:

Mencegah osteoporosis

Sebagai makanan yang terbuat dari susu, keju mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang sangat umum dan dapat dicegah dengan meningkatkan konsumsi kalsium dan protein, yang dapat ditemukan di dalam keju.
Baik untuk kesehatan gigi: Sebuah studi membuktikan bahwa mengonsumsi keju dapat membantu mencegah gigi berlubang. Terdapat kandungan di dalam keju yang melindungi gigi dari asam yang dapat membuat lubang pada gigi. Mengonsumsi keju dapat membantu memperkuat gigi dan mencegah masalah-masalah pada gigi.

Mengandung vitamin B12 yang tinggi

Vitamin B-12 adalah vitamin terbesar dan paling rumit yang membantu produksi sel darah merah, protein dan DNA serta baik untuk kesehatan mental dan kesehatan syaraf. Vitamin B12 hanya dapat ditemukan pada produk hewani atau suplemen. Mengonsumsi keju dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 karena keju mengandung 10-39& kebutuhan vitamin B12 harian.

Membantu menurunkan tekanan darah

Studi telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi dalam kalsium, seperti keju dapat menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah hipertensi. Perlu diingat bahwa selain mengonsumsi kalsium, konsumsi sodium juga harus dibatasi.

Memperkuat sistem imun

Keju yang diperkaya dengan probiotik dapat memperkuat sistem imun tubuh dan mencegah penyakit seperti immunosenescence, yang menyerang daya tahan tubuh. Terutama di masa-masa seperti saat ini, penting bagi kita untuk bisa tetap memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi keju. 

Selain menikmati keju favorit, kamu juga bisa mencoba tipe keju yang sebelumnya belum pernah kamu coba. Rasakan perbedaan rasa dari setiap macam keju dan tetap dapatkan manfaat nutrisi yang dikandungnya.

Greenfields, ahli produk susu dan produk olahan susu juga menyediakan masyarakat Indonesia dengan berbagai produk keju segar yang lezat dan bergizi. Saat ini, tersedia 4 varian keju dari Greenfields: Mozzarella, Ricotta, Camembert, dan Bocconcini. Setiap produk keju dari Greenfields memiliki rasa yang berbeda dan juga kegunaan yang berbeda, namun semuanya mengandung manfaat yang baik untuk tubuh karena terbuat dari susu sapi segar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya