Tingkatkan Imunitas, Ini Trik Bekal Sehat Saat New Normal

Ilustrasi bekal makanan.
Sumber :
  • Pixabay/jelly

VIVA – New normal atau kehidupan normal baru akan segera diterapkan oleh pemerintah di tengah pandemi COVID-19. Berbagai persiapan sudah seharusnya dilakukan termasuk membawa bekal makanan dan minuman yang aman serta sehat.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Tentu dengan membawa kotak bekal sendiri, jauh lebih aman dari risiko penularan. Pertama, wadahnya terjamin bersih dan tak terkontaminasi virus maupun bakteri.

Kemudian, makanannya pun bersih serta bisa dikombinasikan dari sumber gizi yang sehat. Lantas, seperti apa bekal makan yang baik untuk tingkatkan imunitas?

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Menunya gizi seimbang. Satu porsi harus ada karbohidrat bisa dari kentang atau nasi, lauk bisa hewani dan nabati, kemudian serat dari sayuran. Tak lupa buah dibawa misal pisang atau apel," ujar dokter spesialis gizi klinis, dr Ida Gunawan, MS, SpGK(K), dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Kamis 11 Juni 2020

Dokter Ida menjelaskan, protein merupakan sumber terbaik untuk meningkatkan imunitas. Sementara sayuran, warna yang dihasilkan itu adalah bagian dari antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

"Jadi kalau makan gizi seimbang, sudah pasti imunitas lebih baik. Enggak perlu mahal asal porsi seimbang," tuturnya.

Selain itu, untuk minuman juga disarankan membawa botol milik sendiri dari rumah agar meminimalisasi penularan virus. Sebab, semua jenis virus termasuk corona jenis baru, dapat bertahan 72 jam di permukaan keras.

"Lebih aman bawa minum sendiri. Meski new normal, virus masih ada di sekitar kita, prinsipnya itu  Maka bentengi dengan membawa semua makanan dan minuman dari rumah," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya