Mal Dibuka Lagi, 3 Benda Wajib Dibawa untuk Cegah COVID-19

Ilustrasi tenant di pusat perbelanjaan atau mal.
Sumber :
  • Real Estate Weekly

VIVA – Mulai besok, pusat-pusat perbelanjaan seperti mal dan pusat rekreasi sudah diizinkan untuk beroperasi kembali. Masyarakat yang sudah bosan di rumah demi mencegah penyebaran COVID-19 tentu antusias menyambut hal ini. Tapi, perlu ditanamkan bahwa kondisi sekarang masih belum aman dari penyebaran COVID-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Karena itu, Guru Besar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Prof. dr. Purnawan Junadi, MPH, PhD, menganjutkan agar masyarakat membawa beberapa perlengkapan penting sebelum pergi ke mal atau pusat rekreasi.

"Di mal kita prinsipnya pakai masker, bawa hand sanitizer, kalau disediakan cuci tangan saat masuk dan saat keluar cuci tangan lagi," kata Purnawan dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Selain itu, Purnawan juga menganjurkan sebaiknya pergi bersama keluarga ketika ke mal. Keluarga dianggap lebih aman karena sudah tahu bagaimana kondisi kesehatannya.

Kalaupun ingin bertemu teman-teman, Purnawan menyarankan agar tidak berjabat tangan. Selain itu, hindari saling menukar alat makan, minum dari botol atau gelas yang sama. Ia pun menganjurkan untuk membawa alat makan sendiri dari rumah.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Minuman, makanan memang tidak menularkan, tapi dari sentuhan alat minuman, alat makan, harus perhatikan," katanya.

Purnawan menambahkan, rekreasi tidak bisa dipisahkan dari manusia karena bagaimana pun manusia membutuhkan rekreasi sebagai makhluk sosial. Hanya saja, di saat seperti ini akan lebih baik jika memilih rekreasi di ruang terbuka.

Sebabnya, ruang terbuka memiliki udara lebih banyak dibandingkan dengan ruangan tertutup. Tapi, jika memang kondisi badan sedang sakit, sebaiknya urungkan dahulu niat untuk keluar rumah.

"Makanya di setiap mal ada pengukur suhu, kalau di atas normal tidak boleh masuk," ujar Purnawan.

Saat kembali ke rumah, tetap jaga kebersihan dengan mencuci tangan, mengganti baju dan mandi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya