Jangan Terlalu Banyak Makan Kacang, Ini Alasannya

Kacang almond
Sumber :

VIVA – Kita semua tahu kacang sangat sehat dan bergizi. Dikemas dengan lemak, serat, vitamin, mineral, antioksidan dan protein, makan kacang setiap hari baik untuk kesehatan kita dalam berbagai cara. 

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Kacang juga diketahui membantu untuk mengelola kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung dan membuat pilihan camilan yang sangat baik bagi mereka yang ingin mengurangi berat badan (dan bahkan sebaliknya). 

Selain itu, mereka juga dapat membantu meningkatkan energi kita dan bahkan memainkan peran besar dalam umur panjang kita.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Manfaat kesehatan kacang

Selain manfaatnya bagi kesehatan, kacang juga enak dan serbaguna. Anda dapat memasukkannya ke dalam diet Anda dengan berbagai cara. Tambahkan ke smoothie, kue atau makanan penutup, kacang bahkan dapat meningkatkan rasa hidangan Anda. 

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Namun, sebagian besar orang tidak menyadari bahwa terlalu banyak makan kacang terlalu  memiliki efek negatif pada kesehatan kita. Dilansir dari Times of India, inilah yang bisa terjadi jika Anda terlalu banyak makan kacang

Berat badan

Kacang adalah pilihan camilan yang sangat baik ketika mencoba menurunkan berat badan. Menyantapnya di sela-sela waktu makan dapat mencegah Anda makan berlebihan pada makanan yang tidak sehat. 

Namun, berlebihan makan kacang juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini karena kacang lebih padat kalori.

Masalah kembung dan pencernaan

Merasa kembung dan berair setelah makan kacang terlalu banyak adalah hal biasa. Anda bisa menyalahkan senyawa yang terkandung dalam kacang untuk itu. 

Sebagian besar kacang mengandung senyawa seperti fitat dan tanin, yang membuat perut sulit mencernanya. Kacang juga mengandung berbagai jenis lemak, yang dapat menyebabkan diare.

Toksisitas

Mengkonsumsi kacang-kacangan tertentu secara berlebihan juga dapat menyebabkan keracunan makanan. Orang perlu ekstra hati-hati saat mengonsumsi Kacang Almond, Kacang Brasil karena makan berlebihan memiliki banyak efek samping.

Kacang almon mengandung asam hidrosianat, yang dapat menyebabkan masalah pernapasan, gangguan saraf dan tersedak saat terlalu banyak mengonsumsi kacang Brasil dapat menyebabkan overdosis mineral selenium.

Lalu berapa banyak kacang yang bisa dikonsumsi setiap hari?

Kacang-kacangan renyah dan dapat dimakan, sehingga mudah untuk makan kacang dalam satu waktu. Penting untuk tetap pada ukuran porsi harian yang direkomendasikan. Cukup  makan segenggam kacang (42 gram) dalam sehari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya