RSPAD Lengang dari Pasien Virus Corona

Ilustrasi virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat, Dr. dr. Tugas Ratmono, Sp.S., M.A.R.S., M.H. Mayor Jenderal TNI, menyebut Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, kondisinya jauh lebih lengang dari pasien virus corona atau COVID-19. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Kalau kita bayangkan saat April, begitu muncul kasus-kasus yang masyarakat menjadi pasien, itu luar biasa crowded-nya," ujarnya saat Talkshow Info Corona di YouTube BNPB, Jumat 19 Juni 2020. 

Lebih lanjut, Tugas menjelaskan kondisi Indonesia ke belakang, tepatnya pada April 2020 lalu. Saat itu, banyak rumah sakit yang menolak pasien. Bukan tidak mau menangani, tapi karena rumah sakit rujukan pasien COVID-19, sudah penuh di mana-mana.  

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Sampai kita dengar dirujuk ke rumah sakit ditolak. Rumah sakit lain juga ditolak, karena penuh," kenang dia. 

Namun, kondisi tersebut sangat berbeda dengan sekarang. Tugas melihat, dokter-dokter di RSPAD bahkan tak sesibuk jika dibandingkan pada April 2020 lalu. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Kalau kita lihat saat ini, dokter-dokter di RSPAD tidak sesibuk saat itu. Bahkan kalau kita lihat kemarin terakhir bor (tempat tidur pasien COVID-19) mungkin sekitar 40-an persen dari 100 persen," kata dia. 

Tugas menyimpulkan, ada penurunan kasus dari pasien-pasien virus corona yang dirawat di RSPAD, khususnya pasien dengan kondisi berat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya