Terungkap, Alasan Gak Boleh Pakai Obat Kumur Setelah Berolahraga

Obat kumur.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Membersihkan gigi dengan obat kumur antibakteri memang dapat mencegah berbagai masalah gigi, seperti bau mulut, gigi berlubang dan pendarahan di mulut.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Tapi, apakah Kamu pernah berpikir, bahan kimia yang digunakan untuk membersihkan mulut akan memengaruhi mikroorganisme lain yang ada di tubuh?

Menurut hasil penelitian, obat kumur antibakteri tidak hanya terbatas pada mulut, tetapi juga dapat mengganggu fungsi lain dari tubuh.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Percobaan yang dilakukan oleh para peneliti dari Inggris dan Spanyol, mengungkapkan, menggunakan obat kumur setelah berolahraga dapat menghambat proses penurunan tekanan darah, yang seharusnya menjadi manfaat jika Lamu berolahraga secara teratur. 

Dilansir Times of India, Rabu, 24 Juni 2020, saat berolahraga, tubuh kita memproduksi nitric oxide, yang mengarah ke pembukaan pembuluh darah dan peningkatan diameternya. Ini membantu meningkatkan aliran darah di berbagai bagian tubuh, termasuk otot-otot yang aktif saat berolahraga. 

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

Telah ditemukan bahwa sirkulasi darah tetap tinggi (tekanan darah tetap rendah) untuk beberapa saat, bahkan setelah berolahraga. Ini terjadi karena bakteri berinteraksi dengan senyawa yang disebut nitrat. 

Beberapa bakteri yang ada di mulut kita menggunakan nitrat ini dan mengubahnya menjadi nitrit, yaitu molekul yang dapat meningkatkan produksi oksida nitrat. Ketika tertelan dengan air liur, ia diserap oleh pembuluh darah dan dikembalikan ke oksida nitrat, yang membantu menurunkan tekanan darah. 

Tapi, ketika menggunakan obat kumur setelah berolahraga, semua bakteri baik akan keluar dari mulut dan orang tidak menuai semua manfaat dari berolahraga secara teratur. 

Percobaan dilakukan pada 23 orang dewasa yang sehat dengan melakukan treadmill selama 30 menit. Setelah latihan, para peserta diminta untuk membilas mulut dengan obat kumur antibakteri atau plasebo rasa mint.

Selain itu, para peneliti juga mencatat tekanan darah para peserta selama percobaan, setelah latihan, dan selama masa istirahat mereka.

Hasilnya, ditemukan bahwa tekanan darah orang dalam kelompok plasebo adalah -5,2 mmHg. Sedangkan, tekanan darah kelompok yang menggunakan obat kumur adalah -2,0 mmHg. Untuk itu, lebih baik jangan menggunakan obat kumur setelah berolahraga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya